Yamaha TMax Dapat Pesaing Baru, Begini Spesifikasinya

Oleh Liputan6.com pada 24 Apr 2018, 15:31 WIB
Diperbarui 24 Apr 2018, 15:31 WIB
Model seksi berpose di depan Kymco AK550

Liputan6.com, Jakarta - Di ajang Indonesia International Motor Show 2018, PT Smart Motor Indonesia (SMI) memperkenalkan skutik bongsor Kymco AK550 yang dapat menjadi rival baru Yamaha TMax.

Namun, Kymco menempatkannya sebagai skutik premium yang sarat dengan fitur modern. Walaupun Kymco belum membeberkan harga resmi, kabarnya motor impor ini dijual sekitar Rp 300 juta.

“Harganya masih kita rahasiakan, karena di IIMS ini sifatnya hanya soft launching saja,” kata Chandra dari SMI.

Di Eropa Kymco AK550 terbilang populer dan dihadirkan sebagai penantang Yamaha TMax . Untuk diketahui, Yamaha TMax di Indonesia dijual dengan banderol Rp 299,9 juta. Harga tersebut berstatus on the road (OTR Jakarta).

 

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Kymco AK550

Kymco AK550
Wajah Kymco AK550 (Ray/Otosia.com)

Dari sosoknya yang besar, matik premium ini punya bodi sporty dengan lekukan tajam, pencahayaan full LED dengan emblem didesain dengan baik dan multi tekstur. Dua buah lampu utama didesain secara modern dan tajam, yang dipercantik dengan windshield berukuran besar. Sementara lampu sein terpasang di bagian bawah lampu utama dengan mengikuti alur bodi.

Posisi duduk yang tegak cukup enak saat dipakai touring atau perjalanan jauh. Hal ini ditunjang dengan jok yang memiliki busa tebal, dan dilengkapi punuk di sisi tengah.

Sementara pada bagian buritan terpasang behel model tanduk, lalu stoplamp berukuran besar, serta bentuk bodi dengan detail garis tajam. Masih di bagian belakang, model knalpot besar sepadan dengan ukurannya yang bongsor.

Harga yang fantastis sebanding dengan beberapa fitur lain yang disematkan. Kymco AK550 di antaranya punya petunjuk dasbor yang terkoneksi dengan smartphone pemiliknya.

Begitu smartphone terhubung dengan AK550, pengendaranya dapat membuat atau memilih salah satu dari jenis connected scooter experience yang terhubung dengan smartphone.

Jika parkir di tempat yang padat, pemiliknya akan dipandu melalui smartphone untuk mengetahui letak motor. Melalui Noodoe, secara otomatis akan mengingat lokasi saat pemiliknya memarkir motor.

AK550 punya dua mode pengendaraan, full power dan rain mode.

 

3 dari 4 halaman

Dasbor Kymco AK550

Kymco AK550
Panel instrumen Kymco AK550 (Ray/Otosia.com)

Dasbor pintarnya dapat dipersonalisasi pemiliknya. Ada mode Ride memberi laporan cuaca saat mulai berkendara, memandu pemiliknya ke tempat tujuan dengan fitur Smart Compass, menunjukkan apa yang ada di sekitar pengendara, menampilkan informasi seberapa cepat laju kendaraan, dan informasi waktu.

Saat berhenti, misalnya di lampu merah, dengan fitur stop mode memberi kesempatan pengendaranya melihat hal-hal penting di dasbor. Fitur ini menginformasikan penggilan yang terlewat, melirik pesan sms, Whatsapp, notifikasi sosial media, berita terbaru, hingga informasi lainnya secara real time. Fitur follow, following, dan unfollow juga terdapat dalam sosial media yang dibangun di Noodoe Cloud.

Bagasinya mampu menampung helm full face atau half face. Ada juga dua bagasi depan untuk sarung tangan atau menyimpan barang-barang yang lebih kecil. Satu lagi adalah USB charger smartphone di bagasi depan sebelah kiri setang kemudi.

Motor ini dibangun dengan rangka aluminium, memberikan bobot ringan dan rigid. Beratnya 228 kilogram.

Matik yang sudah memenuhi standar emisi Euro 4 ini punya pusat gravitasi rendah. Semua komponen bodi kendaraan dibuat khusus hingga mendekati 50-50 depan sampai belakang untuk keseimbangan berat. Kapasitas tangki bahan bakarnya adalah 14,5 liter.

Reporter : Nazar Ray

Sumber : Otosia.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓