Sukses

Begini Cara Nyetir Supaya Irit Bensin

Untuk bisa menghemat ongkos bensin, pengendara mobil bisa menerapkan teknik eco driving

Liputan6.com, Jakarta - Untuk bisa menghemat ongkos bensin, pengendara mobil bisa menerapkan teknik eco driving. Untuk bisa mengaplikasikan teknik ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Eco driving sendiri merupakan cara mengemudi yang bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar secara efisien serta berperan mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

Menerapkan teknik ini juga berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan dengan mengurangi sumbangan gas karbondioksida yang selama ini menjadi sumber emisi karbon terbesar nomor 3.

Eco driving merupakan bagian dari 3 aspek keahlian mengemudi yang wajib dikuasai oleh pengemudi. Dua lainnya yakni defensive driving yang bertujuan untuk menyelamatkan nyawa, waktu, dan uang, serta Safety driving yang mengutamakan teknik mengemudi aman dan selalu berpikir jauh ke depan terhadap segala kemungkinan yang ada.

Dua aspek tersebut dikombinasikan yang menciptakan teknik mengemudi yang menghemat waktu dan biaya, aman, serta ramah lingkungan. Untuk menerapkannya, berikut poin-poin tekniknya.

1. Penekanan pedal gas secara perlahan. Start dengan akselerasi tinggi hany akan menyebabkan konsumsi BBM secara berlebihan.

2. Tidak membebani mesin dengan putaran rpm yang berlebih. Batasi pindah gigi di putaran 2000 rpm agar pemakaian bahan bakar tetap optimal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Jaga jarak aman terhadap mobil di depa, 2-3 meter adalah jarak yang dianjurkan.

4. Penekanan pedal gas secara halus saat macet.

5. Jangan melakukan posisi kaki setengah kopling.

6. Pemanfaatan engine break untuk pengereman.

7. Menghindari mesin terlalu lama menyala saat idling. Ada baiknya untukmematikan saat berhenti lebih dari 10 menit.

8. Temperatur AC dalam posisi ideal, bukan pada suhu maksimal.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini