Sukses

Ini yang Harus Dilakukan Jika Remote Smart Key Yamaha Lexi-S Hilang

Yamaha Lexi tipe S sebagai varian tertinggi memiliki fitur Smart Key System. Lalu jika remote smart key tersebut hilang, apa yang harus dilakukan?

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi Yamaha terbaru yakni Smart Key System (keyless) disematkan pada beberapa motor keluaran pabrikan berlambang garpu tala tersebut. Dengan adanya Smart Key System, pengguna motor tidak harus memasukkan anak kunci untuk menghidupkan atau mengunci stang kendaraannya.

Selain diaplikasikan pada Aerox 155VVA, fitur ini juga disematkan pada Yamaha Lexi-S sebagai varian tertinggi dari Baby NMax yang baru diluncurkan pada Januari 2018 lalu.

Fitur ini juga bermanfaat untuk mendeteksi posisi motor di tempat parkir atau answer back dan juga terdapat fitur immobilizer sebagai pelindung dari pencurian.

Dalam penggunaannya, pemilik kendaraan yang sudah dilengkapi dengan Smart Key System akan mendapat kartu khusus yang isinya berupa nomor ID SKS.

Kode atau nomor tersebut ada pada setiap remote yang berada di dalam baterai saat membuka tutupnya. Untuk remote smart key sendiri, Yamaha hanya memberikan satu remote guna mengaktifkan fitur ini.

Technical Education Yamaha Indonesia, Ridwan Arifin mengatakan kode tersebut tidak boleh diketahui atau diberikan ke orang lain karena bisa disalahgunakan.

Lalu bagaimana jika remote itu hilang?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Ketika remote hilang, pengguna dapat membeli remote baru dengan mengatur ulang menggunakan nomor ID SKS tersebut. Selain itu, juga dapat membeli remote yang dilengkapi dengan ID SKS yang baru.

Terkait itu, Yamaha telah menyediakan aplikasi khusus untuk menyimpan kode tersebut lewat id rescue.

"Aplikasi ini supaya kodenya tidak hilang sehingga bisa menyulitkan pengguna jika ingin membuat remote baru. Sudah tersedia (aplikasinya) untuk android," kata Ridwan.

 

3 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Remote Hilang/Jatuh

Ketika remote terjatuh saat berkendara, otomatis fitur ini akan mengirimkan tanda dengan menyala-nya indikator bergambar kunci pada speedometer.

Bila kehilangan kontak dengan tidak lebih dari 1 kilometer, speedometer akan memunculkan suara atau alarm dan mesin tetap hidup. Sehingga, pengendara bisa segera mencari kunci yang hilang tersebut.

Namun, jika mesin dimatikan, serta tidak dihidupkan hingga lebih dari 30 detik, secara otomatis motor langsung terkunci.

"Jadi segera ke bengkel atau dealer untuk mengatur remote baru," katanya.

Ridwan menjelaskan untuk menghidupkan mesin, jarak remote dengan knop smart key harus sekitar 80 sentimeter. Jika jaraknya melebihi itu, maka mesin tak akan bisa dihidupkan. Sedangkan answer back system bisa dilakukan dalam jarak 20 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini