Sukses

Penjualan Toyota Avanza dan New Yaris Melesat

Toyota mencatat penjualan wholesale Avanza dan New Yaris mengalami peningkatan di Maret 2018.

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor berhasil membukukan penjualan wholesale sebanyak 31.424 unit dengan pangsa pasar 30,9 persen pada Maret 2018. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 13,6 persen dibandingkan dengan penjualan pada Februari 2018 sebanyak 27.665 unit.

Kenaikan terjadi di segmen-segmen yang menjadi tulang punggung penjualan Toyota seperti MPV, SUV, dan hatchback. Segmen yang mencatatkan pertumbuhan terbesar kedua pada bulan lalu adalah MPV, yaitu 10,2 persen dan telah membukukan total wholesale 19.511 unit.

Selain All New Rush yang menjadi penyumbang terbesar di segmen SUV, ternyata di segmen MPV, Avanza masih menjadi favorit karena menjadi kontributor terbesar dengan wholesale sebanyak 7.097 unit pada bulan lalu.

Berdasarkan data Gaikindo, secara nasional pasar low MPV membukukan total penjualan 24.420 unit pada Maret lalu. Secara volume, angka ini cukup stagnan karena dalam 3 bulan pertama 2018 angkanya relatif sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu di kisaran 24 ribu unit per bulan.

"Permintaan terhadap Avanza ternyata tetap meningkat sehingga di bulan Maret suplainya kembali ke level 7 ribu unit," kata Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM, dari keterangan resminya, Senin (16/4/2018).

Sementara itu, pada bulan yang sama, segmen hatchback juga berkontribusi terhadap pertumbuhan penjualan Toyota, dimana wholesale hatchback tercatat sebanyak 3.396 unit atau tumbuh 9 persen dibanding dengan bulan sebelumnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

New Yaris Jadi Kontributor Terbesar di Segmen Hatchback

Yaris menjadi kontributor terbesar di segmen hatchback dengan wholesale 1.287 unit. Permintaan New Yaris yang cukup tinggi ini membuat Toyota terus meningkatkan penjualan dan suplai di bulan Maret.

Penampilan New Yaris yang lebih segar dan makin sporty membuat kendaraan medium hatchback ini menjadi lebih menarik dibanding pendahulunya.

Selain mampu mendorong pertumbuhan angka penjualan, kehadiran Yaris juga diharapkan bisa lebih menggairahkan pasar di segmen hatchback.

"Di tengah kondisi pasar yang semakin kompetitif, maka menjadi tantangan bagi Toyota untuk terus menjaga momentum pertumbuhan penjualan, salah satunya melalui produk-produk baru seperti Rush dan Yaris," pungkas Soerjo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.