Mengetahui Lebih Dalam Fitur Traction Control

Oleh Liputan6.com pada 13 Apr 2018, 16:13 WIB
Diperbarui 13 Apr 2018, 16:13 WIB
Mobil
Perbesar
Ilustrasi Traction Control. (sellanycar)

Liputan6.com, Jakarta - Mobil-mobil keluaran terbaru banyak yang sudah dilengkapi dengan fitur traction control. Fungsi dari fitur ini untuk mencegah ban selip dan tergelincir saat kondisi jalan basah ataupun ketika menikung.

Traction kontrol bekerja secara otomatis, setelah pengemudi menekan tombol pengaktifan. Tak jarang saat mobil tergelincir pada kondisi jalan tak mendukung. Sedangkan pengemudi terlanjur panik saat mengalami hal ini.

Saat berbelok menikung, pengemudi pada dasarnya harus mengontrol tiga hal sekaligus, akselerasi, pengereman, dan kemudi. Tentu harus memiliki fokus yang tinggi saat melakukannya, apalagi pengemudi tak terlalu mahir. 

Traction control akan membantu pengemudi melakukan hal tersebut. Sistem akan mengerem secara otomatis terhadap masing-masing roda sehingga menjaga mobil untuk berbelok secara aman.

Selain itu, power pada mesin juga disesuaikan agar roda tetap mempertahankan daya cengkeram.

Pengereman pun tidak dilakukan sembarangan. Setiap roda akan diberikan kekuatan rem sendiri-sendiri yang bisa jadi tidak sama kuat, tergantung dengan kebutuhan roda itu sendiri. Sensor akan menilai seberapa kuat rem dibutuhkan pada satu roda. Dengan begitu, mobil tidak akan tergelincir karena roda yang tiba-tiba berhenti.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Traction control aktif sesaat ketika mobil hendak menikung. Secara otomatis, sistem akan memberikan cengekeraman pada masing-masing roda untuk mengerem dengan kekuatan tertentu. Misalnya, kendaraan menikung dengan kecepatan yang terlalu tinggi sehingga berpotensi membawa mobil tergelincir.

Traction control akan secara perlahan melakukan pengereman hingga mobil dapat berbelok dengan lembut dan aman.

Sistem ini juga dapat aktif ketika akan keluar dari tikungan. Misal, ketika pengemudi terlalu cepat menekan pedal gas saat keluar tikungan sehingga mobil akan terpelanting keluar. Traction control akan mengerem secara lembut dan mengembalikan mobil ke jalur yang seharusnya.

Sumber: Otosia.com

Lanjutkan Membaca ↓