Sukses

Jangan Asal Modif, Ini Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

Sunroof, moonroof, dan panoramic roof memang memiliki beberapa perbedaan. Namun, ketiganya tetap memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melihat pemandangan atau langit di atas mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya, mobil yang sudah dilengkapi kaca di atap mobil dianggap sebagai mobil mewah. Tidak heran, kini banyak pemilik yang melakukan modifikasi penggunaan sunroof, moonroof, atau panoramic roof.

Dijelaskan pemilik Garasi Sunroof, Dewa Indra, baik sunroof, moonroof, dan panoramic roof memang memiliki beberapa perbedaan. Namun, ketiganya tetap memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melihat pemandangan atau laingit di atas mobil.

"Untuk sunroof, atap kacanya bisa terangkat sebagian ke arah atas. Itu, yang biasanya digunakan di Indonesia dan mobil Jepang. Sedangkan moonroof, sama saja, namun sisi kaca yang terbuka atau bisa dibuka masuk ke dalam," jelas Indra saat ditemui Liputan6.com, di Tamah Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, untuk panoramic roof, merupakan kaca atap dengan dimensi yang lebih besar dibandingkan sunroof atau moonroof. Bahkan, panoramic roof ini bisa terdiri dari satu kaca, bahkan dua kaca.

"Memang terlihat lebih bagus, namun tidak semua mobil bisa dipasang panoramic roof. Selain itu, harganya juga lebih mahal dibandingkan sunroof atau moonroof," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Untuk diketahui, Panoramic roof ini tidak bisa dibuka-tutup, seperti sunroof atau moonroof. Namun, panoramic roof memiliki dimensi paling luas dibanding kaca yang lain. Fungsinya, agar penumpang bisa melihat dengan bebas ke atas.

Namun, ada juga mobil yang panoramic roof-nya dilengkapi dengan tirai, sehingga bisa ditutup. Ada juga yang tidak. Salah satu mobil yang dilengkapi fitur ini adalah Nissan Serena.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.