Sukses

5 Fakta Menarik Seputar Mobil Hybrid

Mobil hybrid dianggap sebagai jembatan sebelum insfrastruktur untuk mobil listrik memadai.

Liputan6.com, Jakarta Mobil hybrid dinilai sebagai salah satu strategi untuk menekan emisi sekaligus mengurangi ketergantungan akan bahan bakar. Mobil hybrid juga dianggap sebagai jembatan sebelum insfrastruktur untuk mobil listrik memadai.

Lantas seperti apakah mobil hybrid?Dilansir Nissan Indonesia, berikut beberapa keunggulan mobil hybrid.

1. Mobil Hybrid Memiliki Dua Sumber Daya

Jenis mobil ini menggunakan dua jenis teknologi yang digunakan sebagai sumber tenaga. Jika pada umumnya mobil hanya memiliki mesin bensin, mobil hibrida memiliki satu sumber mesin lain yakni motor elektrik sebagai sumber tenaganya. Sumber tenaga ini memang tidak digunakan secara langsung, melainkan mesin bensin yang digunakan sebagai sumber daya utama dan mesin elektrik digunakan sebagai salah satu sumber energi cadangan.

2. Mobil Hybrid Bukanlah Penemuan Terbaru

Apabila mobil hybrid belakangan ini sedang gencar-gencarnya dibicarakan sebagai solusi ramah lingkungan, faktanya teknologi hybrid bukanlah sebuah teknologi baru. Sejak 1902, seorang pria bernama Ferdinand Porsche menciptakan mobil bermesin hybrid seutuhnya yang diberi nama Lohner-Porsche Mixed Hybrid. Mobil hybrid pertama ini memiliki dua mesin dengan tenaga listrik yang dirancang untuk menyimpan energi dalam baterai. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Teknologi Hybrid Digunakan pada Berbagai Kendaraan

 

Teknologi hibrida bukanlah suatu perkembangan teknologi terbaru dan sudah hadir sejak beberapa tahun seperti yang tercatat di atas. Teknologi ini juga sudah pernah dicoba dan digunakan dalam lokomotif, kapal selam, truk penambangan, dan lainnya. Mobil adalah penerapan mesin hybrid yang paling sering ditemukan.

4. Alternatif Kendaraan yang Sangat Baik

Bagi sebagian besar orang, mobil hybrid kini telah menjadi alternatif kendaraan yang sangat baik dibandingkan dengan kendaraan konvensional lainnya karena dapat menghemat bensin. Banyak mobil hybrid yang kini memiliki efisiensi bensin dua kali lipat daripada mobil konvensional sehingga dapat memberikan penghematan biaya yang lebih banyak bagi para penggunanya.

5. Manfaat Mobil Bertenaga Hybrid

Mobil hybrid memiliki suara yang nyaris takterdengar dan juga sangat nyaman dikendarai. Bahkan ketika Anda sedang terjebak macet, maka bensin akan otomatis mati dan mobil akan dijalankan menggunakan energi baterai yang sudah disimpan.

 

Sumber : Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.