Sukses

Sering Lewat Jalanan Beton Bisa Memperpendek Umur Ban?

Umur ban tidak hanya tergantung pada penggunaannya tapi juga dari jalan yang dilalui seperti terbuat dari beton, akan memperpendek umur ban.

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan ban khususnya untuk mobil mempunyai peranan yang sangat penting guna menunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara. Penggunaan ban mobil akan memengaruhi umur ban, termasuk kondisi jalan yang sering dilalui. 

Terlebih banyak jalan yang sekarang menggunakan beton. Hal ini disampaikan oleh Bambang Hermanuhadi selaku Manager Training PT Sumi Rubber Indonesia (SRI)-produsen ban Dunlop di Indonesia.

"Kondisi jalan memengaruhi umur ban, apalagi banyak jalan tol yang dibuat dari beton. Itu daya geseknya terhadap karet sangat tinggi. Biasanya kalau ban biasa pakai di jalan umum, bisa digunakan sampai 70.000-80.000 km, masuk ke jalan yang beton cuma bisa sampai 60.000 km," kata Bambang kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, umur ban bukan dilihat dari hitungan tahun atau bulan tapi berdasarkan capaian kilometer.

"Kira-kira kalau di pabrik hitungannya kilometer ya, jadi gak pakai bulan, gak pakai tahun. Karena kalau pakai bulan atau tahun, misalnya pengguna mobilnya beroperasi dengan jangka waktu pendek, ya umur ban bisa lama. Bisa lima tahun belum habis (aus)," ujarnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sedangkan dari pabrik ban sendiri, menggunakan capaian kilometer untuk menentukan umurnya, sudah harus diganti atau belum.

"Kalau penggunaannya yang jarang atau bisa tahan lima tahun, pada umumnya kira-kira bisa sampai 70-80 ribu km. Sedangkan dengan pemakaian normal sehari-hari yang sekitar 20-30 km, itu pemakaian kira-kira kuat sampai 3-4 tahun," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.