Sukses

Minyak Mesin Jahit Bisa Bikin Umur Panjang Sunroof, Benarkah?

Untuk merawat sunroof, moonroof, atau panoramic tidak terlalu sulit, dan tidak perlu perawatan khusus. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Mobil yang menggunakan sunroof, moonroof, atau panoramic sering dianggap sebagai mobil mewah alias mahal. Tidak heran, jika banyak pemilik mobil yang melakukan modifikasi untuk menambahkan fungsi sunroof di mobil kesayangan.

Dengan penambahan sendiri atau sudah bawaan pabrik, sebenarnya bagaiamana perawatan benar piranti yang terdapat di atap mobil ini agar tidak cepat rusak?

Dijelaskan pemilik Garasi Sunroof, Dewa Indra, untuk merawat sunroof, moonroof, atau panoramic tidak terlalu sulit, dan tidak perlu perawatan khusus.

"Perawatannya mudah, tinggal semprotkan minyak untuk mesih jahit agar tidak getas," jelas Dewa kepada Liputan6.com, saat ditemui di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), beberapa waktu lalu.

Lanjut Indra, biasanya untuk karet yang terdapat di sunroof, moonroof, atau panoramic yang bawaan pabrikan alias OEM jarang getas. "Jarang getas, karena jepitnya di bodi mobil," tambahnya.

Sementara itu, biasanya pemilik juga melakukan kesalahan saat membersihkan dempulan dengan silet. Padahal, itu bisa merusak dan menyebabkan kebocoran.

"Tidak perlu bersihkan dempul, jika sudah bocor tidak enak lagi dilihatnya," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasang Sunroof, Berapa Biayanya?

Bagi pemilik kendaraan yang berniat mengubah tampilan mobil kesayangan agar terlihat mewah, salah satu caranya dengan memasang sunroof, moonroof, atau panoramic roof. Memang, saat ini sudah banyak bengkel modifikasi yang menerima pemangan komponen tersebut, bahkan dengan harga yang cukup bersaing.

Seperti dijelaskan pemilik Garasi Sunroof, Dewa Indra, hampir semua mobil bisa menggunakan sunroof, termasuk mobil murah alias LCGC.

"Kita juga konsentrasi ke after sales-nya (perawatan setelah pasang), dan kita berani garansi. Untuk pemasangan itu, sekitar Rp 15 juta untuk semua mobil Jepang, kalau Eropa mulai Rp 18 sampai Rp 20 juta," ujar Dewa Indra, saat ditemui di bilangan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, belum lama ini.

Lanjut Dewa, untuk mobil Eropa memang lebih mahal, karena bukan sunroof, tapi moon roof. "Untuk pemasangan sunroof lebih ke mobil-mobil produksi Jepang, kalau Eropa moonroof," tambahnya.

Sementara itu, untuk panoramic juga bisa melakukan pemasangan di bengkel yang terletak di Jalan Nangka IV Nomor 43D, Cipete Utara, Jakarta Selatan ini. Namun, untuk harganya juga lebih mahal, karena lebih besar dan harus disesuaikan dengan kontur mobilnya.

"Untuk panoramic kita ada MINI Cooper, HR-V, dan Harier yang besar. Untuk biayanya, Rp 35 juta sudah dengan pasang," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.