Sukses

Lampu Depan Berembun, Begini Cara Mengusirnya

Dalam beberapa kasus, sering terjadi mika bagian dalam lampu depan berembun. Bagaimana cara mengusirnya?

Liputan6.com, Jakarta - Lampu depan merupakan bagian yang cukup vital pada kendaraan. Dalam beberapa kasus, sering terjadi mika bagian dalam lampu depan berembun.

Selain membuat tampilan jadi tak menarik, lampu mobil yang berembun juga akan mengurangi cahaya yang dipancarkan dari lampu mobil. Bahkan kebanyakan orang sulit untuk membersihkannya.

Dilansir dari situs resmi Daihatsu, munculnya embun ini akibat kondisi sil atau mika rumah lampu yang sudah tidak bagus atau bercelah. Kondisi itu bisa menjadi celah bagi masuknya air atau udara ke dalam mika lampu.

Akibatnya, akan membuat mika lampu menjadi berembun. Bahkan, bisa membuat genangan air di dalam rumah lampu. Biasanya, terbukanya mika kaca atau sil karena kebiasaan buruk pemilik untuk memarkirkan mobil di luar ruangan dan terkena sianr matahari langsung.

Panas matahari akan membuat sil kaku sehingga menimbulkan retak. Terbukanya sil juga bisa jadi disebabkan oleh usia mobil yang terlampau lama.

Bila lampu mobilmu berembun, sebaiknya segera ambil tindakan. Sebab, lampu mobil berembun akan membuat warna mika lampu kusam akibat jamur yang tumbuh subur di tempat lembab. Semakin kusam lampu, maka akan semakin buruk penerangannya.

Selain itu, potensi korsleting dengan embun atau air di dalam lampu, besar terjadi. Selanjutnya, merusak jaringan kelistrikan lampu atau jaringan kelistrikan lainnya yang terhubung di dalam mobil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Lalu, bagaimana caranya membersihkan? Cukup mudah, nyalakan lampu seperti biasa dalam beberapa menit. Panas dari lampu akan membuat embun menghilang dengan sendirinya.

Namun cara ini juga tergantung pada pori-pori lampu utama. Bila embun sudah menjadi genangan air, maka tidak ada cara lain selain membuka mika lampu tersebut.

Periksa bagain belakang rumah lampu. Lihat bagian lubang udara apakah tersumbat atau tidak. Ketika tersumbat, maka bersihkan agara kotoran tidak menempel. Keluarkan embun dari mika lampu dengan melepasnya searah jarum jam.

Ketika mika sudah terlepas, nyalakanlah lampu mobil selama beberapa menit hingga embun hilang. Kemudian keringkan dan bersihkan, lalu pasang kembali mika lampu dengan rapat jangan sampai timbul celah sedikitpun.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini