Sukses

Mobil Bongsor Bikin Visibilitas Kurang, Begini Mengatasinya

Bagi pengemudi yang memiliki tubuh kecil tapi terpaksa menyetir dengan kendaraan berdimensi besar, bisa gunakan bantal pada jok pengemudi agar visibilitasnya lebih jelas.

Liputan6.com, Jakarta - Tak jarang kita melihat di jalan ada pengemudi mobil malah tampak tak terlihat dari luar. Hal tersebut dikarenakan si pengemudi yang memiliki tubuh mungil tapi mengendarai mobil bongsor. Terlebih tidak semua mobil punya fitur untuk mengatur ketinggian jok pengemudi.

Mempunyai mobil berukuran bongsor memang akan membuat pengendara lebih terlihat keren dan gagah. Tapi jika tak ditunjang dengan tubuh yang sesuai, pengendara mau tak mau mengakalinya karena posisi duduk juga menentukan keselamatan berkendara. 

"Anda bisa gunakan bantal untuk menunjang posisi duduk agar lebih tinggi. Itu boleh saja dilakukan, asal bantal itu terikat supaya tidak bergeser-geser. Kalau geser, justru berbahaya," kata Sony Susmana, selaku Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

Namun ada baiknya sebelum membeli atau memilih mobil baru, tinggi badan juga harus dipertimbangkan dan disesuaikan dengan dimensi mobil tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

"Sebaiknya memang disesuaikan, karena ini pasti akan berpengaruh terhadap posisi duduk. Kalau tenggelam, otomatis pandangan ke sekitar mobil tidak maksimal," ujar Sony.

Posisi duduk mengemudi yang benar juga harus rileks dan diusahakan punggung menempel pada jok.

"Bagian punggung harus nempel gak boleh maju. Karena dengan menempel Anda akan lebih sensitif dengan gerakan kendaraan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.