Ganjil Genap di Gerbang Tol, Bus Alternatif Siap Angkut Pengguna Mobil

Oleh Arief Aszhari pada 06 Apr 2018, 14:04 WIB
Diperbarui 06 Apr 2018, 14:04 WIB
Bus TransJabodetabek Premium

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), bakal memperluas aturan ganjil genap di Gerbang Tol (GT). Setelah sukses berlaku di GT Bekasi, kini ditambah di GT Cibubur dua untuk ruas tol Jagorawi, dan Tangerang dua & Kunciran dua untuk ruas tol Jakarta-Tangerang.

Selain pemberlakukan ganjil genap, BPTJ juga akan membuat jalur khusus kendaraan umum di dua ruas jalan tol tersebut. Hal ini, untuk mendorong perpindahan penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan umum.

Menurut Toni Tauladan Kasubdit Angkutan BPTJ, untuk mendukung peraturan tersebut bakal disiapkan moda alternatif, yaitu bus Transjabodetabek. Saat ini, pihak BPTJ sudah berkoordinasi dengan beberapa operator angkutan, dan sudah banyak yang siap mendukung.

"Asal angkutan umum ini dengan asal tujuan permukiman yang memang trending-nya tertinggi. Bus akan dibagi menjadi layanan reguler dan juga premium," jelas Toni saat berbincang dengan wartawan di Hotel Menara Peninsula, Slipi, Jakarta Barat.

Untuk tol Jagorawi, peraturan ganjil genap bakal berlaku di GT Cibubur, dan volume total kendaraan dari jam 06.00 WIB sampai 09.00 WIB sebanyak 7.799 unit.

"Kami hitung secara kasar, minimal angkutan umum yang harus disediakan 68 unit. Sampai saat ii, sudah ada 73 unit, dengan 29 bus untuk reguler dan 44 untuk premium. Titik keberangkatan, dari Cileungsi, Kota Wisata, Cibubur Junction, Harvest City, Meltand Transyogi, Legenda Wisata," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Untuk tujuannya sendiri, akan menuju Grogol, Blok M, Tanah Abang, Tanjung Priok, Kali Deres, Thamrin City, mega Kuningan, dan mangga Dua.

Sementara itu, untuk tol Jakarta - Tangerang, saat ini surveinya memang belum selesai. Namun, sudah ada beberapa operator yang siap, seperti dari BSD ke Pasar Baru, Mangga Dua, dan Ratu Plaza. Sedangkan ada juga yang dari Summarecon Mal Serpong (SMS) ke Bendungan Hilir, Citra Landa, Mangga Dua, dan Kelapa Gading.

"Lalu ada juga Tangerang City menuju ITC Kuningan dan juga Transjakarta koridor 13 dari Tangerang," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓