Sukses

Deretan Mobil Keluarga Berkonde yang Pernah Populer

Keberadaan konde pada mobil ini sengaja dibuat para pabrikan otomotif untuk menyimpan ban serep atau cadangan di belakang mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil-mobil kekinian didesain lebih modern dan aerodinamis. Mereka pun menghilangkan beberapa unsur yang ternyata sempat menjadi hits di era-nya. Salah satunya adalah konde.

Tentu saja konde ini bukan aksesori yang digunakan ibu-ibu berkebaya ketika ingin menghadiri acara resmi. Sebaliknya, konde pada mobil ini sengaja dibuat para pabrikan otomotif untuk menyimpan ban serep atau cadangan di belakang mobil.

 

Karena menonjol ke belakang inilah membuat bagian pada mobil ini juga disebut konde. Biasanya, kode sengaja dipasang untuk memaksimalkan bagian kabin, sehingga keberadaan ban tak memakan tempat.

Namun selain itu, di masanya mobil dengan menggunakan konde lebih memberikan kesan macho dan tak heran mobil-mobil offroad pun mengenakannya.

Naah, kali ini kita akan flashback, bagaimana mobil-mobil dengan konde ini nyatanya ngehits di tahun 2000. Berikut daftarnya:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Toyota Rush dan Daihatsu Terios merupakan produk mobil kembar yang dibuat Astra International. Sejak lahir 2006, mobil ini sangat mencuri perhatian.

Sejak pertama kali, baik Rush maupun Terios telah dilengkapi konde yang menjadi ciri khas kedua mobil tersebut.

Namun lambat laun unsur konde kurang populer. Hal ini pula membuat Toyota dan Daihatsu pada akhir 2017 lalu, meluuncurkan Rush-Terios yang dirombak total dan membuang kondenya.

3 dari 5 halaman

2. Daihatsu Taruna

Sebelum muncul Toyota Rush dan Daihatsu Terios, nama Daihatsu Taruna lebih dulu populer. Ya, pada dasarnya Taruna memang disetop produksi, kemudian setelah itu muncullah Terios dan Rush. 

Sementara itu munculnya Daihatsu Taruna pada 1999 merupakan pengganti dari sosok Daihatsu Feroza.

Sebelum diganti dengan Terios, Daihatsu Taruna memiliki beberapa pilihan seperti C-Series, F-Series hingga Taruna Oxxy. Hingga akhirnya pada 2006 mobil ini disuntik mati.

4 dari 5 halaman

3. Mitsubishi Kuda

Mitsubishi kini sedang naik daun, hal ini karena MPV anyarnya Xpander. Namun tahukah Anda, jauh sebelum MPV tersebut dipasarkan, Mitsubishi juga sempat pamornya naik lantaran mobil MPV yang tak kalah terkenal yaitu Kuda.

Kehadiran Mitsubishi Kuda disebut-sebut sebagai penjegal kedigdayaan Toyota Kijang. Namun sayang, Mitsubishi saat itu akhirnya memiliki konsentrasi untuk kendaraan komersial.

Nah, ternyata Mitsubishi Kuda juga sempat memiliki konde. Hal ini terjadi pada Kuda generasi ketiga yang diluncurkan pada 2004 berupa varian Grandia. Namun usia Mitsubishi Kuda tak lama, karena pada 2005 produksinya dihentikan.

5 dari 5 halaman

4. Ford EcoSport

Ford EcoSport hadir mencicipi pasar nasional pada 2014. Mobil ini juga menjadi suntikan baru bagi PT Ford Motor Indonesia yang kala itu menjadi agen tunggal pemegang merek Ford di Indonesia.

Munculnya Ford EcoSport pun langsung dijual saat itu di kisaran Rp 195,4 juta hingga Rp242,4 juta. Semuanya dilepas dengan status On the Road Jakarta.

Namun sayang usia Ford EcoSport di Indonesia hanya seumur jagung. Pasalnya, pada 2016 Ford memutuskan hengkang dari ketatnya pasar otomotif nasional. Hal ini pula membuat Ford EcoSport tak dilirik konsumen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.