Sukses

Mau Bikin Pelat Nomor Cantik? Ini Perkiraan Biayanya

Untuk mendapatkan pelat nomor yang tidak standar, memang harus ada tambahan biaya yang dikeluarkan.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik kendaraan baik mobil atau motor di Indonesia, bisa juga mendapatkan pelat nomor cantik. Namun, untuk mendapatkan pelat nomor yang tidak standar, memang harus ada tambahan biaya yang dikeluarkan.

Untuk pelat nomor standar, memang hanya terdiri dari kombinasi huruf dan angka tanpa makna. Namun, untuk pelat nomor cantik, tetap terdiri dari huruf dan angka, namun terdapat makna yang dituju, seperti nama kita misalkan A 121 EF atau B 00 S

Nah, berikut beberapa fakta yang menunjukan pelat nomor memerlukan biaya tambahan yang tidak sedikit, seperti dikutip dari cermati.com:

1. Makin Jarang Angka dan Huruf yang Digunakan, Makin Mahal Harganya

Memilih nopol cantik konsekuensinya adalah biaya yang dibayarkan mahal harganya. Sebab angka dan huruf yang tertera semakin sedikit.

Untuk NRKB pilihan 1 angka dihargai Rp 15 juta-Rp 20 juta. Untuk 2 angka dihargai Rp 10 juta-Rp 15 juta. Sementara untuk 3 angka Rp 7,5 juta-10 juta dan untuk 4 angka berkisar dari Rp5 juta-Rp 7,5 juta.

2. Sama Seperti Nopol Lainnya, Masa Berlakunya Hanya 5 Tahun

Setelah Anda membayar biaya nopol cantik sesuai ketentuan yang ada, perlu diketahui juga bahwa masa berlaku nopol cantik ini sama seperti nopol lainnya hanya 5 tahun.

Ketentuan tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sesudah masa 5 tahun berakhir, Anda wajib melakukan daftar ulang seharga pembayaran awalnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Diberi Nopol Standar Sebagai Gantinya Jika Tidak Melanjutkan

Jika Anda yang awalnya menggunakan nopol cantik, tapi saat daftar ulang tidak sanggup membayar, nopol tersebut akan digantikan dengan nopol standar yang masih berlaku tentunya. Biaya untuk nopol cantik per tahun juga akan dihilangkan.

4. Nopol Cantik Cuma sebagai Tampilan

Mayoritas orang yang menggunakan nopol cantik untuk kendaraannya, baik itu sepeda motor atau mobil, sebenarnya hanya untuk membuat tampilan kendaraan lebih bagus dan beda dari yang lainnya.

Sebagian orang juga menganggap pemakaian nopol cantik ini untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda pemilik kendaraan dengan nopol cantik tersebut.

Dan bisa jadi penggunaan nopol cantik akan menimbulkan kepercayaan diri yang lebih tinggi. Namun, untuk bisa seperti itu, Anda harus merogoh kocek setidaknya Rp 5 juta-Rp 20 juta.

3 dari 3 halaman

selanjutnya

5. Sebaiknya Nopol Standar Saja Kalau Budget yang Dimiliki Tidak Banyak

Penggunaan nopol cantik untuk kendaraan sebenarnya memang ditujukan agar menjadi ciri khas tertentu bagi kendaraan dan pemilik kendaraan itu sendiri. Namun, harganya yang relatif mahal mungkin akan membuat kita berpikir kembali untuk tidak terlalu boros dalam hal ini.

Sebab nopol cantik ini bukanlah hal yang diperlukan. Sebaiknya, gunakan nopol standar saja. Prosesnya juga lebih cepat dan lebih terjangkau.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.