Sukses

Tips Hadapi Panas Terik Saat Naik Sepeda Motor

Berpanas-panasan saat mengendarai sepeda motor membuat tubuh jadi cepat lelah. Apalagi jika perjalanan berjarak cukup jauh dan kerap macet.

Liputan6.com, Jakarta Cuaca yang tidak menentu membuat mengendarai sepeda motor perlu persiapan ekstra. Terlebih lagi jika cuaca panas terik mulai menyerang pengendara sepeda motor.

Akibatnya, tubuh pun jadi lebih mudah lelah. Apalagi jika perjalanan berjarak cukup jauh dan kerap macet. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencoba beberapa trik ini :

1. Bahan jaket

Meski cuaca panas, para pengendara motor harus tetap menggunakan jaket untuk meminimalisir risiko saat terjadi kecelakaan. Namun, jaket kerap diabaikan karena cenderung membuat tubuh kepanasan.

Nah, kamu bisa memilih jaket berbahan mesh. Selain tetap aman, bahan ini memungkinkan angin untuk tetap masuk dan mendinginkan suhu tubuh. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jaket yang dilengkapi dengan ventilasi.

2. Base layer 

Base layer merupakan pakaian berbahan tipis yang nyaman dan cepat kering. Paling tidak, jika badan kepanasan, keringat akan cepat hilang sehingga baju tidak basah kuyup.

Mulanya, base layer kerap digunakan saat berolahraga. Tapi kini telah banyak pabrikan apparel sepeda motor yang menjual pakaian ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Warna jaket 

Penggunaan jaket berwarna terang cenderung lebih nyaman digunakan saat matahari sedang terik. Memang warna cerah, seperti putih, kuning, dan krem lebih cepat kotor, tapi cara ini cukup ampuh dalam menjaga tubuh dari sengatan matahari.

 

3 dari 3 halaman

4. Istirahat 

Salah satu cara yang paling jitu ialah beristirahat. Tak hanya untuk sekedar berteduh, rehat sejenak dapat mengembalikan kondisi badan kembali prima. Terlebih jika disertai dengan minum. Pasalnya, pada cuaca panas, badan akan lebih banyak kehilangan cairan tubuh alias berkeringat.

Sumber : Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.