Sukses

Pajak Belum Turun, Ini Alasan Toyota Berani Luncurkan Sedan Vios Baru

Peluncuran new Vios ini merupakan bentuk dukungan Toyota terhadap keinginan pemerintah, khususnya Kementerian Perindustrian (Kemenperin), untuk meramaikan pasar sedan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan sedan entry level terbarunya, new Vios. Model ini hadir dengan ubahan yang cukup signifikan, tidak hanya eksterior dan interior, tapi juga faktor safety yang jadi poin penting dari model baru ini.

Dijelaskan Executive General manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto, peluncuran new Vios ini merupakan bentuk dukungan Toyota terhadap keinginan pemerintah, khususnya Kementerian Perindustrian (Kemenperin), untuk meramaikan pasar sedan di Indonesia.

"Sekaligus untuk meningkatkan pasar ekspor sedan kita," jelas Fransiscus Soerjopranoto melalui pesan elektronik kepada Liputan6.com, Selasa (3/4/2018).

Lanjut Soerjo, rencana pemerintah untuk menurunkan pajak barang mewah sedan ini, tentu saja mendapatkan sambutan yang positif oleh pelaku industri otomotif di Tanah Air.

Namun, peluncuran new Toyota Vios ini dinilai terlalu cepat. Pasalnya, peraturan terkait penurunan pajak sedan ini belum resmi keluar, dan masih berlaku Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sedan yang lama.

"Untuk menunjukkan kalau pemerintah mau (penurunan pajak sedan), kita pasti dukung," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Untuk ubahannya, dari segi eksterior, Vios baru ini menggunakan front grille dengan garis horizontal berukuran semakin ke atas semakin besar sehingga memberikan kesan lebih lebar dan modern serta sporty.

Lampu belakangnya menggunakan LED dan lampu depan terlihat lebih sporty.

 Sedangkan interior New Vios didominasi warna beige yang memberi kesan lebih mewah, dengan didukung Audio Infotainment System. 

 Untuk Vios tipe G, terdapat sistem infotainment yang terdiri dari speaker 7 inchi HD Display, DVD, RadioFM/AM, USB, AUX, HDMI, bluetooth, iPodRead dan Miracast. 

New Vios juga menambahkan fitur keamanannya dengan menambah jumlah airbag menjadi 7, yaitu SRS Driver Passenger, SRS Side Airbags, SRS Curtain Shield Airbags (CSA), and SRS Knee Airbags. 

Disamping itu, mobil ini mendapat tambahan fitur baru lainnya, yaitu Vehicle Stability Control(VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS). Mobil ini juga dilengkapi dengan 3 point seatbelt pada semua kursi penumpang.

New Vios tersedia dalam 4 varian, yaitu Vios G dengan transmisi MT dan CVT serta Vios E dengan transmisi MT dan CVT. New Vios tampil dalam 6 pilihan warna, yaitu Silver Metallic, Attitude Black Mica, Dark Grey Metallic, Red Mica Metallic, Quartz Brown dan warna baru Dark Blue Mica Metallic.

Mulai hari ini, New Vios sudah dijual dan tersedia di diler-diler Toyota. Untuk harga, Vios facelift ini dibandrol kisaran Rp 291,1 - Rp 326 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.