Toyota Supra Hanya Gunakan Transmisi Kopling Ganda

Oleh Amal Abdurachman pada 03 Apr 2018, 15:07 WIB
Diperbarui 03 Apr 2018, 15:07 WIB
Toyota Supra
Perbesar
Toyota Supra hadir kembali (Motor1)

Liputan6.com, Geneva - Toyota Supra yang sudah ditunggu-tunggu diharapkan akan menjadi sportscar sejati, meskipun kemungkinan besar hanya akan dijual dengan pilihan transmisi kopling ganda saja.

Dilansir Carscoops, Toyota memamerkan Supra Racing Concept pada ajang Geneva Motor Show sebagai teaser model produksinya. Saat itu, Tetsuya Tada sang Insinyur di balik Toyota Supra mengungkapkan ke Info Seek, bahwa Toyota Supra hanya tersedia dengan transmisi kopling ganda.

Alasannya, Toyota Supra memiliki tenaga terlalu besar untuk diterapkan pada transmisi manual. Tetsuya juga mengungkapkan, setelah konsumen merasakan transmisi kopling ganda, mereka tidak akan meminta lagi transmisi manual.

"Supra terbaru dikembangkan dengan tujuan menjadi mobil balap dari pertama. Supra akan konsisten dengan kelas 'LM GTE' yang merupakan regulasi mobil balap Le Manx," pungkasnya.

Sudah bukan rahasia Toyota Supra terbaru dikembangkan bersama BMW Z4. Keduanya akan berbagi platform, namun menggunakan sumber tenaga berbeda. Kabarnya Supra akan menggunakan mesin 3,0 liter turbo 6-silinder bertenaga 335 Tk yang dapat berakselerasi 0-100 km/jam kurang dari 4 detik.

2 dari 3 halaman

Toyota Punya Banyak Mobil Sport Canggih Terbaru, Apa Saja?

Toyota 86 Pecahkan Rekor Drift Non-Stop 6 Jam (ist)
Perbesar
Toyota 86 Pecahkan Rekor Drift Non-Stop 6 Jam (ist)

Toyota siap memperkenalkan rangkaian mobil sport terbarunya, pada September 2017. Selain Toyota Supra, kemungkinan besar banyak mobil berperforma tinggi yang dihadirkan raksasa otomotif asal Jepang tersebut.

Dikutip Motor1, Senin (28/8/2017), Toyota memang belum memberikan informasi secara detail, namun yang pasti mobil sport ini sepertinya hanya akan dijual di Jepang.

Untuk saat ini, mobil sport yang masih menjadi andalan Toyota adalah 86, dan juga model terbaru dari Yaris GRMN, sebuah hot hatch eksklusif dengan tiga pintu, meskipun banyak bocoran jika untuk versi lima pintu sudah bisa diperkenalkan juga.

Toyota Yaris GRMN dijual secara terbatas, hasil dari program WRC. Berbicara performa, mobil ini dipersenjatai dengan mesin supercharged berkapasitas 1.8 liter, dan mampu menghembuskan daya hingga 205 Tk, dan disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual enam perceptan.

Sementara itu, pengganti MR2 bisa juga menjadi salah satu line-up mobil sport yang bakal diluncurkan Toyota. Bahkan, isyarat tersebut juga sudah diberikan oleh Chief Gazoo Racing, Tetsuya Tada awal tahun ini. Kemunculan rumor suksesor MR2 ini setelah ada konsep S-FR pada 2015 dan 2016 lalu.

Selain menghadirkan line-up mobil sport, sebenarnya yang ditunggu oleh pecinta Toyota adalah kebangkitan Supra. Mobil ini bakal bisa menarik banyak orang untuk melihat, atau membelinya secara langsung.

Namun, Toyota Supra sendiri kemungkinan besar bakal dihadirkan di akhir Oktober, saat Tokyo Motor Show (TMS) 2017. Namun, apapun itu Toyota sepertinya tengah serius untuk menggarap pasar mobil sport, atau setidaknya bisa tampil setara dengan Lexus F Series.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓