Ngebut hingga 266,685 Km per Jam, Pria Buta Pecahkan Rekor

Oleh Herdi Muhardi pada 02 Apr 2018, 16:37 WIB
Diperbarui 02 Apr 2018, 16:37 WIB
Ben Felten mengendarai motor Kawasaki Ninja  ZX-10R
Perbesar
Ben Felten yang merupakan tuna netra telah memecahkan rekor Guinness Wolrd Record dengan memacu motor sport Kawasaki Ninja ZX-10R Hingga 266,685 km/jam di acara Speed Week 2018 di Lake Gairdner, South Australia. (AMCN))

Liputan6.com, Sydney - Seorang pria bernama Ben Felten telah memecahkan rekor Guinness Wolrd Record atas prestasinya memacu motor sport Kawasaki Ninja ZX-10R dengan mata tertutup di acara Speed Week 2018 di Lake Gairdner, South Australia.

Tak tanggung-tanggung, Ben memantapkan rekor setelah berhasil membetot sepeda motor hingga tembus 266,685 km/jam. Hal ini memecahkan rekor dia sebelumnya, yaitu 219,96 km/jam di 2014 dan 251,45 km/jam pada 2016.

Yang menjadi spesial dari rekor ini tak lain karena Ben sendiri merupakan tunanetra. Karena itu dia memacu motor tanpa melihat. Demikian dilansir AMCN, Senin (2/4/2018).

Seperti diketahui, Ben didiagnosis mengalami Retinitis Pigmentosa saat usianya 15 tahun. Hingga akhirnya dia diberitahu bahwa suatu saat hal itu akan menjadi buta total.

Benar saja, pada usia 32 tahun mata kiri Ben tak bisa melihat, dan disusul mata sebelah kanan ketika memasuki usia 37 tahun.

 

Ben Felten pria tunanetra yang berhasil memecahkan rekor tercepat mengendarai motor Kawasaki Ninja  ZX-10R
Perbesar
Ben Felten pria tunanetra yang berhasil memecahkan rekor tercepat mengendarai motor Kawasaki Ninja ZX-10R. (AMCN)

Namun di usianya yang memasuki setengah abad, Ben rupanya tak mau menyerah dengan keadaan. Dia pun ingin memiliki prestasi hingga akhirnya menjadi salah satunya pemecah rekor dunia.

Ben mengatakan, rekan di timnya telah memberitahukan dirinya akan cuaca dan angin. Oleh karena itu, dirinya selalu berlatih meski kondisi kala itu angin cukup kencang.

“Tetapi saya mengingatkan diri sendiri bahwa saya telah bekerja sangat keras untuk ini. Saya berkata pada diri sendiri ‘Ben, Anda benar-benar menginginkan ini. Anda seorang juara!’ Dan saat itulah saya pergi seperti kucing yang tersiram air panas, ” ungkap Ben.

2 dari 2 halaman

Keren, 58 Orang Naik Satu Sepeda Motor

Satu Motor Ditumpangi 85 Orang
Perbesar
Anggota Tornado dari Army Service Corps (ASC) berada di satu motor 500 cc di Bangalore, India (19/11). Tim Tornado menciptakan rekor dunia baru setelah 58 orang naik satu motor 500 cc dan mengendarainya sejauh 1200 meter. (AFP Photo/Manjunath Kiran)

Rata-rata sepeda motor hanya mampu menampung dua orang penumpang. Namun berbeda dengan yang diperlihatkan satuan tentara India atau Army Service Corps (ASC) India, di mana sebuah sepeda motor mampu mengangkut 58 orang.

Tentu saja, aksi ini bukan dilakukan di jalan raya, melainkan sengaja digelar untuk memecahkan rekor dunia dengan mengendarai Royal Enfield bermesin 500 cc sejauh 1.200 meter di Air Force Station Yelahanka. Demikian dilansir New Indian Express, Kamis (22/11/2017).

Para tentara yang disebut tim Tornado ini memecahkan rekor sebelumnya. Satu sepeda motor mampu menampung 56 orang oleh Army Signal Corps (Daredevils) yang juga bagian dari tentara India pada 2010 silam.

Rekor baru yang dilakukan pada akhir pekan lalu ini dipimpin langsung Mayor Bunny Sharma dan sepeda motor dikendarai Subedar Rampal Yadav.

Dengan rekor ini, tim Tornado disebut telah memegang 19 catatan rekor dunia maupun nasional sejak dibentuk oleh Kolonel C N Rao dan Kapten J P Verma pada 1982.

Tim Tornado ini juga sengaja dibentuk dan kini sangat identik dengan berbagai kegiatan akrobat sepeda motor yang berani dan menuai prestasi.

Sejak tampil perdana di New Delhi 35 tahun lalu, tim Tornado telah menampilkan lebih dari 1.000 aksi baik di dalam maupun luar negeri.

Lanjutkan Membaca ↓