Tumbangkan Toyota Avanza, Pekerjaan Berat Mitsubishi Menanti

Oleh Arief Aszhari pada 28 Mar 2018, 20:25 WIB
Diperbarui 28 Mar 2018, 20:25 WIB
Mitsubishi Xpander
Perbesar
Mitsubishi Xpander Ultimate jadi varian yang paling diminati konsumen (Mitsubishi)

Liputan6.com, Jakarta Small MPV terbaru PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Mitsubishi Xpander, mendapatkan respon yang cukup baik di pasar otomotif dalam negeri. Hal tersebut, dibuktikan dengan direbutnya posisi nomor satu penjualan mobil keluarga bawah yang sudah bertahun-tahun dipegang Toyota Avanza.

Menurut Imam Choeru Cahya, Head of Sales & Marketing Group PT MMKSI, kesuksesan Mitsubishi Xpander ini tidak dilihat untuk mengalahkan siapa. Namun, yang harus menjadi konsentrasi adalah, bagaimana mempercepat distribusi Mitsubishi Xpander untuk konsumen.

"Jadi, fokus kita bagaimana mempercepat delivery kepada konsumen yang sudah melakukan pemesanan," jelas Imam saat berbincang dengan Liputan6.com, di Hotel Shangrila, Jakarta Pusat, Rabu (28/3/2018).

Lanjut Imam, saat ini jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) dari saat GIIAS 2017, sudah mencapai lebih dari 55 ribu unit. "Kita sudah delivery sekitar 50 persen," tambahnya

Untuk memenuhi target Mitsubishi Xpander tersebut, ada beberapa langkah yang dilakukan pihak pabrikan berlambang tiga berlian ini. Salah satunya meningkatkan produksi, karena di Januari sudah produksi 8.000 unit.

"Selain itu, MMKI juga sudah berkomitmen untuk meningkatkan produksi hingga 10 ribu termasuk untuk ekspor," pungkasnya.

2 dari 3 halaman

Terpesan 55 Ribu Unit, Ini Varian Xpander Terlaris

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyatakan SPK untuk Small MPV anyarnya, Mitsubishi Xpander, sudah mencapai 55 ribu unit hingga Februari 2018. Varian yang paling diminati oleh calon konsumen ternyata masih belum ada perubahan dibanding tahun lalu.

Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Osamu Iwaba meengatakan varian Ultimate masih menjadi favorit.

"60 persen penjualan untuk Ultimate. Secara bertahap tren itu memang bisa berubah," kata Iwaba di Yogyakarta, di sela Xpander Media Touring, Rabu (7/3/2018).

Senada dengan Iwaba, Budi Dermawan selaku Head of Sales & Marketing Region 1 Dept. PT MMKSI mengatakan secara persentase memang Ultimate masih menjadi dominan dibanding varian Sport ataupun Exceed.

"Varian secara keseluruhan dari 55 ribu unit itu dilihat dari persentase memang masih Ultimate. Tapi lihat tren di akhir bulan 2018 ini, beberapa tipe mengalami kenaikan, seperti Exceed varian permintaannya mulai meningkat," ujar Budi.

Sementara itu, ia juga menjelaskan dari 55 ribu SPK, sejauh ini sudah ada 27 ribu pemenuhannya. Berikut varian Xpander: Ultimate A/T, Sport A/T, Exceed A/T, Exceed M/T, GLS M/T, dan GLX  M/T.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait