Sukses

Pertamina Sikat SPBU Nakal

Sebuah video viral di media sosial karena mobil Serena dengan kapasitas tangki bahan bakar 60 liter namun tercantum dalam nozzle SPBU tembus mencapai 73 liter.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video viral di media sosial perihal seorang pemilik Nissan Serena yang sedang mengisi bahan bakar di SPBU 34 13501 di Jalan Raya Condet, Kramatjati, Jakarta Timur. Hal ini mencuat lantaran mobil Serena dengan kapasitas tangki bahan bakar 60 liter namun tercantum saat pengisian mencapai 73 liter.

Sontak saja hal ini menimbulkan tanda tanya dan kejanggalan terhadap SPBU tersebut. Lantas bagaimana dengan sikap Pertamina terkait takaran pada BBM di mobil Nissan Serena?

Menanggapi hal tersebut, External Communication Manager PT Pertamina Persero, Arya Dwi Pramita angkat bicara. Kata dia saat kejadian Pertamina langsung melakukan tindakan.

"Kasus ini telah dicarikan win-win solution dengan konsumen. Sehingga konsumen tidak merasa dirugikan, kami juga melakukan pengecekan jadi SPBU ini ada yang 'pasti pas' ada sertifikasinya di mana nozzle, dispenser dan kualitasnya," ungkap Obrolan Ringan Otomotif, Mitos & Fakta Seputar BBM dan Pelumas, di Bogor, Jawa Barat, Senin (26/3/2018).

Tak hanya itu, Arya menyatakan sudah melakukan serangkaian tes di SPBU tersebut, dan merekam menggunakan video yang hasilnya menunjukkan pasif dalam sertifikasi. Artinya, hasil pemeriksaan awal semuanya normal.

"Cuma kami enggak mau setop di situ, kami akan melakukan pemeriksaan yang lebih dalam lagi dengan lembaga terkait yaitu badan metrologi kalau enggak salah hari ini. Yang jelas badan metrologi sedang melakukan pengecekan," jelasnya.

"Supaya ini tidak berlarut, si nozzle ini kita tutup dulu yang diduga ada masalah, sambil menunggu hasil pemeriksaan akhirnya. Nanti kita akan lihat dari metrologi gimana," tambahnya.

Arya menuturkan, jika konsumen mendapatkan atau merasa curiga akan adanya kejanggalan pada SPBU, maka konsumen bisa langsung menghubungi Call Center Pertamina di 1-500-000.

"Jadi kami komitmen kalau SPBU yang terbukti dia melakukan kesalahan atau macem-macem langsung kami sikat. Ada juga beberapa yang sudah ada penindakan," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapasitas 60 Liter, Pemilik Nissan Serena Ini Isi Bensin Sampai 78 Liter

Salah satu MPV andalan PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Serena, memiliki kapasitas tangki bahan bakar minyak (BBM) sebanyak 60 liter. Namun, kejadian aneh terjadi, saat salah seorang pemilik Nissan Serena yang mengisi BBM hingga lebih dari kapasitas maksimum.

Dalam video yang beredar luas di dunia maya, kejadian tersebut terjadi di salah satu stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Pemilik kendaraan, bahkan mengisi bahan bakar hingga 78 liter.

 

 

Ketika dikonfirmasi Head of Communication NMI, Hana Maharani, kapasitas tangki bensin Nissan Serena adalah 60 liter. Jadi, tidak ada tangki cadangan yang bisa menampung bahan bakar.

"Spesifikasi pabrik Nissan Serena itu kapasitasnya 60 liter," jelas Hana saat berbincang dengan Liputan6.com melalui pesan elektronik, Minggu (25/3/2018).

Akibat kejadian tersebut, pemilik mobil harus rela mengeluarkan duit sebesar Rp 593 ribuan untuk mengisi BBM kendaraannya tersebut.

Untuk diketahui, kejadian tersebut di SPBU yang berada di Jalan Raya Condet, Kramat Jati, Jakarta Timur, dengan nomor SPBU 34-13501.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.