Sukses

Tutup Pentil Ban Tidak Ada, Siap-Siap Susah Isi Angin

Tutup pentil ban ternyata memiliki peran penting dalam melindungi pentil ban. Jika tidak ada, maka pengendara akan kesulitan saat mengisi angin bila kempes.

Liputan6.com, Jakarta - Tutup pentil ban ternyata memiliki fungsi penting untuk melindungi pentil ban itu sendiri. Ada beberapa komponen yang memang harus dilindungi agar tidak masuk debu dan menjadi kotor.

"Yang di dalam pentil itu ada komponen kecil berupa sil berbahan karet, penonjok, dan per. Komponen-komponen ini harus dilindungi penutup pentil, jangan sampai kotor," kata Dani, salah seorang mekanik Planet Ban di Taman Sunter Indah.

Ban yang tidak ada tutup pentilnya, justru akan membuat repot pengguna motor bila ban sewaktu-waktu kempes.

"Biasanya jadi nyumbat. Nah kalau mau ngisi angin jadi susah, karena banyak kotoran akibat tidak ditutup. Kan ada per di dalamnya, dia bisa ketutup," katanya.

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Pentingnya tutup pentil ban juga pernah diinformasikan pada laman Facebook Divisi Humas Polri bahwa tutup pentil ban (valve cap) bertugas mencegah agar udara yang ada di dalam ban tidak keluar melalui celah kecil katup pentil.

Fungsi kedua adalah mencegah kotoran masuk ke pentil. Debu atau air yang masuk ke pentil ban dapat merusak katup. Mereka bisa menimbulkan korosi yang menyebabkan katup bocor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.