Solusi Otomotif: Ruang Mesin Toyota Avanza Panas, Normalkah?

Oleh Sigit Tri Santoso pada 17 Mar 2018, 06:10 WIB
Diperbarui 17 Mar 2018, 06:10 WIB
Toyota Grand New Avanza
Perbesar
PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Grand New Avanza dan Grand New Veloz (Foto: Septian/Liputan6.com)
Saya punya mobil Avanza Veloz tahun 2013, selama ini saya tidak pernah begitu memperhatikan kondisi dalam ruangan mesin di dalam kap mobil setelah perjalanan, suatu saat saya buka kap mesin dalam ruangan kok terasa panas saya pegang area aki juga lumayan panas, dan kap mobilpun terasa panas juga, tapi untuk lampu indikator suhu yang ada di dashboard tidak ada tanda overheat/lampu indikator tidak nyala. Saya coba bandingkan dengan mobil Ertiga punya teman di area kap mobil terasa lebih dingin. Masih normalkah mobil saya itu, dan apakah memang karakter semua mobil Avanza seperti itu? --Emi Budiasih--Cikarang Utara

 

Liputan6.com, Jakarta Dear ibu Emi,

Terkait dengan suhu ruang mesin panas bisa kami informasikan sbb: Setiap merk/ tipe kendaraan mempunyai karakter suhu kerja mesin masing-masing. Bisa berbeda satu dengan lainnya. Rata–rata suhu kerja mesin antara 85⁰ - 95⁰ Celcius.

Acuan bekerjanya mesin normal dan tidak panas berlebihan (yang lebih dikenal dengan sebutan : overheating) adalah indikator meter temperatur yang ada di meter kombinasi / dashboard. Selama penunjukan jarum tidak ke arah merah (menunjukkan mesin overheat), atau indikator lampu temperatur tidak berwarna merah maka mesin aman-aman saja.

Pada mesin yang menggunakan sistem EFI, suhu kerja mesin yang sesuai sangatlah diperlukan. Karena pada saat mesin dihidupkan, sistem pendingin akan selalu menjaga suhu mesin pada temperatur tersebut agar pembakaran bekerja maksimal sehingga konsumsi bahan bakar menjadi effisien.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Nah untuk panas yang terjadi di ruang mesin juga berbeda–beda antara satu jenis kendaraan dengan kendaraan yang lain. Karena hal ini juga dipengaruhi oleh desain mesin dan ruang mesin untuk mendukung terjaganya suhu temperatur mesin.

Pada Toyota Avanza Ibu Emi, selama kendaraan digunakan dan lampu indikator mesin tidak menyala merah maka kondisi mobil Ibu normal. Ibu Emi bisa juga mengunjungi Bengkel Auto 2000 terdekat untuk  memeriksakan hal ini .

Demikian penjelasan untuk kondisi kendaraan Ibu Emi, semoga informasinya bermanfaat.

 

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject

SOLUSI OTOMOTIF MOBIL/MOTOR

Body Text

Nama :

Usia:

Lokasi :

No. HP:

Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Andik Kurniawan. Pria yang mengawali karir sebagai mekanik di Auto2000 sejak 1996 ini pernah menjadi finalis National Skills Contest Auto2000.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓