Sukses

8 Trik Jitu Mendapatkan Mobil dengan Penawaran Menarik

Ada 8 trik mendapatkan mobil dengan penawaran menarik. Salah satu triknya adalah pilih mobil sesuai kebutuhan.

Liputan6.com, Jakarta - Membeli mobil memang tak seperti membeli kacang, yaitu harus memiliki banyak pertimbangan. Belum lagi jika ingin membeli mobil dengan budget terbatas.

Oleh karena itu, sebelum membeli mobil, ada baiknya melakukan cek dan ricek, seperti artikel ini.

Tak hanya itu, jika Anda benar-benar ingin membeli mobil atau sepeda motor sekalipun, ada baiknya mengaplikasikan trik-trik jitu di depan pihak dealer. Dengan begitu Anda mendapatkan penawaraan terbaik.

Tentu saja trik ini perlu dilakukan, agar Anda tek kecewa nantinya. Berikut trik yang bisa Anda coba seperti dilansir situs Cermati:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

1. Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Di dealer, tanyankan seputar mobil yang ingin dibeli. Biasanya sales di dealer juga akan menawarkan mobil-mobil lain, jangan tergoda. Tetaplah pada pilihan Anda, sesuaikan pilihan mobil dengan kebutuhan.

Jangan memilih mobil dengan fitur percuma. Misalnya, Anda tinggal di daerah perkotaan, sebaiknya tidak memilih mobil tipe jip. Mobil tipe jip, lebih cocok digunakan di daerah dataran tinggi, seperti di pegunungan.

 

 

3 dari 9 halaman

2. Tentukan Waktu yang Tepat Membeli Mobil

Sebenarnya ada waktu-waktu tertentu yang tepat untuk membeli mobil. Kapan saja? Menurut survei, waktu terbaik membeli mobil adalah pada akhir tahun dan saat ada pameran mobil.

Mengapa? Untuk membeli mobil pada waktu-waktu tersebut, biasanya pihak penjual memberikan beragam promo dan potongan harga menarik.

 

4 dari 9 halaman

3. Tawar Harga di Bawah Anggaran

Jangan pernah menawar harga mobil langsung pada maksimum budget. Misalnya, Anda menganggarkan Rp 350 juta untuk membeli mobil, jika mobil yang diinginkan lebih dari harga itu, jangan ditawar langsung Rp 350. Mulai lah di bawah itu, contohnya Rp 300 juta.

Akan tetapi, jangan menawar dengan sadis. Semisal harga tawaran Rp 500 juta, Anda langsung menawar Rp250 juta. Hal tersebut sangat tidak masuk akal untuk tawar-menawar harga sebuah mobil. Bisa-bisa Anda dianggap tidak serius membeli mobil oleh dealer.

 

5 dari 9 halaman

4. Jangan Diskusikan Pembayaran Bila Harga Belum Cocok

Tawar-menawar merupakan hal yang biasa dalam jual-beli, termasuk dalam urusan membeli mobil. Akan tetapi, jangan menanyakan step selanjutnya saat membeli mobil jika Anda belum menyepakati harga dengan penjual.

Terlebih menanyakan cara dan metode pembayaran. Hal tersebut akan membuat penjual merasa Anda sudah cocok dengan harga yang ditawarkan sehingga penjual tidak akan menurunkan harga mobil lagi.

 

6 dari 9 halaman

5. Pindah ke Dealer Sebelah Jika Tidak Cocok

Jikalau dirasa tidak cocok dengan harga dan penawaran dari satu dealer, pindahlah ke dealer lain, Anda punya hak itu.

Mungkin saja, peawaran dealer lain lebih masuk dan menarik. Apabila ternyata dealer pertama dirasa malah lebih baik dibandingkan dealer lainnya, Anda bisa kembali.

 

7 dari 9 halaman

6. Minta Aksesoris Mobil sebagai Bonus

Sebagai bonus dari pembelian mobil, dealer biasanya menawarkan aksesoris menarik. Namun, jika ternyata dealer tidak menawarkan, Anda bisa menanyakan dan meminta hal tersebut ke dealer.

Hal tersebut bergantung bagaimana kesepakatan antara Anda dan dealer. Oleh sebab itu, buatlah kesepakatan yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak.

8 dari 9 halaman

7. Pastikan Uang untuk Membeli Mobil Cukup

Apabila Anda berniat membeli mobil secara kredit, beritahu ke dealer terlebih dahulu. Sampaikan pada dealer berapa batas harga yang disanggupi dan berapa kisaran cicilan yang diingini.

Hal tersebut berguna untuk melancarkan tawar-menawar nantinya. Pihak dealer juga nantinya akan memberikan rekomendasi mobil mana yang sesuai kantong Anda.

 

9 dari 9 halaman

8. Lengkapi dengan Asuransi Terbaik

Setelah sepakat dengan dealer soal harga, pikirkan juga soal asuransi. Lengkapi mobil baru Anda dengan asuransi terbaik. Misalnya, gunakan asuransi All Risk yang akan me-cover segala risiko yang mungkin terjadi pada mobil. 

Selain asuransi All Risk, asuransi Total Lost Only (TLO) juga bisa jadi pilihan karena preminya lebih kecil. Untuk itu, pilihlah asuransi mobil sesuai kebutuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.