Mau Keliling Dunia Pakai Kendaraan, Perhatikan Komponen Penting Ini

Oleh Arief Aszhari pada 12 Mar 2018, 19:29 WIB
Dua Orang Ini Keliling Dunia Pakai Mobil MINI Cooper

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan perjalanan jauh, hingga berkeliling ke berbagai negara sudah banyak dilakukan orang Indonesia. Bahkan, petualangan ini menggunakan mobil pribadi, seperti mobil atau motor.

Sebut saja, Jeffrey Polnaja yang berkeliling ke-98 negara menggunakan sepeda motor. Lalu, ada pasangan Teddy Unggul Wicaksono dan Yana Kusryanti, yang berkeliling 28 negara menggunakan Toyota Fortuner.

Kemudian, yang baru-baru ini akan melakukan ekpedisi lanjutan berkeliling dunia, adalah Hartawan Setjodiningrat dan Sunny Ruslie yang berencana singgah ke-200 negara menggunakan Toyota Land Cruiser.

Dijelaskan Hartawan, Ketika melakukan perjalanan keliling dunia mengunakan kendaraan pribadi, selain fisik juga harus dipersiapkan kendaraannya.

"Paling penting itu ban. Komponen ini juga dibagi menjadi dua, winter tire dan summer tire. Tapi, kalau singgah ke negara yang mengalami salju, harus menggunakan ban dengan rantai. Tapi, saya pribadi belum pernah," cerita pria pemilik galeri mobil klasik, Hauwke's Auto Gallery ini, saat berbincang dengan wartawan, Senin (12/3/2018).

 

2 of 2

Selanjutnya

Lanjut Hartawan, ketika musim dingin, ia selalu berjalan di area yang banyak mobil. Pasalnya, itu berhubungan dengan keselamatan dalam mengemudi. "kalau tidak ada mobil yang lewat, berarti ada kemungkinan bisa terperosok jika nekat lewat jalan tersebut," tambahnya.

Selain ban, spesifikasi oli juga harus disesuaikan dengan kondisi suhu di negara yang dilewati. lalu, air radiator juga harus menggunakan cairan anti beku jika melewati negara dengan musim dingin.

"kalau minyak rem, tidak masalah. Tapi saya biasa menggunakan yang DOT4. Air wiper juga gunakan cairan anti beku, karena saat musim dingin saat mengeluarkan air ke kaca, bisa jadi beku dan merusak wiper serta kaca mobil," pungkasnya

Lanjutkan Membaca ↓