Sukses

Penampakan Penantang Honda Civic Hatchback dari Toyota

Jelang debutnya di Geneva Motor Show 2018, bocoran model baru dari Toyota Corolla hatchback beredar di dunia maya.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang debutnya di Geneva Motor Show 2018, bocoran model baru dari Toyota Corolla hatchback beredar di dunia maya. Mobil ini sendiri, merupakan penantang dari Honda Civic hatchback yang memang harus diwaspadai pabrikan berlambang huruf 'H' tersebut.

Melansir Paultan, Selasa (6/3/2018), model yang disebut Toyota Auris ini memeliki desain yang modern. Tampilan grill yang lurus, headlamp yang dipadukan dengan grill bawah yang besar.

Dengan desain tersebut, mobil ini cukup mirip dengan Camry hybrid, dengan lampu kabut, lampu depan bersayap seperti Toyota Mark X yang khusus di jual di Jepang.

Untuk mesinnya, mobil ini tersedia tiga pilihan mesin untuk pasar Eropa. Pertama, mesin turbo berkapasitas 1,2 liter dengan 116 Tk. Kedua, mesin hybrid 1,8 liter dengan 122 Tk. Ketiga, pilihan hybrid 2,0 liter dengan tenaga 180 Tk.

Untuk mesin Diesel, seperti bukan keahlian Toyota. Jadi, kemungkinan besar pilihan mesin tersebut tidak akan muncul ke permukaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Era Keemasan Toyota Ada di Tangan Corolla

Sebagai salah satu mobil legendaris, Toyota Corolla  telah merajai jalan-jalan di seluruh belahan dunia. Kendati demikian, pasang surut dan beragam masalah sempat melanda  sedan kompak ini selama 5 dekade.

Corolla menjadi salah satu dari dua mobil populer di dunia, bahkan mengalahkan penjualan ’Si Kodok’ dari Jerman, Volkswagen Beetle. Sejak pertama kali mengaspal lebih dari 5 dekade lalu, Corolla telah mengalami 11 kali evolusi.

 Pertama kali dirilis, Corolla menggunakan penggerak roda belakang, namun model terbaru Corolla berpenggerak roda depan. Bahkan terdapat beberapa tipe Corolla mengadopsi sistem penggerak semua roda (four wheel drive) seperti layaknya SUV.

Kelahiran Corolla menandai era motorisasi Negeri Matahari Terbit di tahun 1960-an. Terbukti, Toyota Motor Corp (TMC) secara khusus membangun pabrik seluas 100 hektar di Takaoka, Toyota City, Aichi, untuk memproduksi Corolla.  TMC mematok target produksi Corolla per bulan hingga 30 ribu unit. Ini artinya setara dengan 60 persen dari total target produksi kendaraan Toyota yang mencapai 50 ribu unit.

Setelah setengah abad, Corolla mencatat penjualan sebanyak 43 juta unit di 150 negara. Demam Corolla merambah hingga Indonesia. Sejak pertama kali mengaspal di Tanah Air pada 1972 sampai 2010, Corolla mencetak penjualan lebih dari 130 ribu unit. Hampir semua tipe Corolla mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Salah satu tipe Corolla yang paling digemari di Indonesia adalah Great Corolla.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.