Sukses

Velg untuk Truk dan Bus Berbahan Aluminium, Apa Untungnya?

Velg berbahan aluminium memiliki berbagai kelebihan salah satunya bisa mengirit bensin. Velg ini khusus digunakan di truk dan bus.

Liputan6.com, Jakarta - Velg pada truk dan bus bawaan pabrikan biasanya terbuat dari steel (baja). Namun berbeda dengan yang ditawarkan PT Paduan Goedi Sinar Indonesia selaku distributor velg berbahan aluminium khusus truk dan bus, Alcoa.

Sales Executive Alcoa, Bagus Yoki mengatakan meski berbahan aluminium, Alcoa memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan velg yang berbahan baja.

"Banyak keuntungan, boleh dikatakan PO (Perusahaan Otobus) atau kendaraan-kendaraan besar lainnya untuk logistik bisa menghemat dana bahan bakar, karena lebih irit bensin dan juga save untuk uang pembelian ban karena tidak cepat aus," kata Bagus di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) yang berlangsung di JCC, Senayan, 1-4 Maret 2018.

Velg aluminium ini ternyata memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan velg steel bawaan pabrik. Pada booth Alcoa di hall B JCC, diperlihatkan satu velg truk Mercedes-Benz digantung bersama dua velg Alcoa, beratnya seimbang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

"Bisa irit bensin karena Alcoa ringan banget, satu velg steel dari truk Mercedes-Benz perbandingannya sama dengan dua velg Alcoa. Kalau ringan beban ban dan velg tidak membebani mesin, jadi mesin tidak bekerja dengan keras. Kalau ban sudah berat tambah lagi velgnya berat itu mesin akan lebih berat nariknya, jadi lebih boros," kata Bagus.

Untuk harga, Alcoa dibandrol Rp 3,6 juta khusus di acara GIICOMVEC ini. Namun jika membeli di luar event, Alcoa dijual seharga Rp 4 juta untuk satu velgnya.

"Ukuran 22,5 bedanya di-mur saja, kalau mur ada yang 10 ada yang 8, tapi gak ada perbedaan harga. Biasanya untuk bis kan pakai enam velg," ujarnya.

Alcoa ini merupakan produk impor yang dibuat dari Hungaria. Jadi pemesanannya pun membutuhkan waktu hingga dua bulan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.