Sukses

Audi R8 V10 Real Wheel Series, Khusus Pencinta Adrenalin

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Audi memiliki sportscar produksi massal berpenggerak belakang.

Liputan6.com, Neckarsulm Para pencinta adrenalin, khususnya yang suka memacu kendaraan secepat mungkin, memiliki preferensinya masing-masing saat memilih kendaraan. Salah satunya adalah memilih jenis penggerak, apakah penggerak depan, penggerak belakang, maupun penggerak empat roda. Menyadari hal ini, Audi mempersiapkan Audi R8 Rear Wheel Series (RWS) edisi terbatas.

Edisi ini bukanlah edisi terbatas yang sembarangan, karena ini menjadi mobil produksi Audi berpenggerak belakang pertama yang pernah dijual, mengikuti kesuksesan mobil balap R8 LMS GT3. Edisi ini hanya dibuat sebanyak 999 unit saja.

Harganya sendiri dibanderol mulai dari £112,450 (setara Rp 2,1 miliar), dengan pilihan varian Coupe atau Spyder. R8 tersebut akan dirakit oleh tangan terampil Audi Sport di fasilitas produksi Böllinger Höfe Audi Sport pada Maret mendatang.

Mesin V10 naturally aspirated yang terletak di tengah sanggup memuntahkan tenaga hingga 532 Tk dengan torsi puncak 540 Nm pada 6.500 rpm.

Performa akselerasi 0-100 km/jam diklaim membutuhkan waktu 3,7 detik untuk Audi R8 RWS Coupe, sedangkan Spyder membutuhkan waktu 3,8 detik. Kecepatan puncaknya mencapai 318 km/jam (Coupe) dan 317 km (Spyder).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengaturan Ulang

Dengan hilangnya sistem penggerak all-wheel drive, maka bobot versi RWS (Coupe) lebih ringan 50 kg, sehingga bobot totalnya 1.590 kg. Varian Spyder lebih ringan 40 kg, menjadikannya berbobot 1.680 kg.

Poros roda belakang disesuaikan lagi beserta dengan sasis maupun pengendaliannya, sehingga karakteristiknya menyesuaikan dengan sistem penggeraknya.

Pengaturan sasis dan pengaturan sistem memungkinkan pengemudi untuk melakukan aksi 'drift' dengan memilih mode 'dynamic' dan mengubah pengatur kestabilan ESC ke 'Sport'. Sistem ESC akan menginterupsi pada batasan tertentu untuk menjaga pengendalian.

3 dari 4 halaman

Galeri Foto

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.