Sukses

Manfaat Mencampur Oli Samping dengan Bensin, Apa Saja?

Banyak pengguna motor 2-tak khususnya RX King yang kerap mencampur oli samping ke tangki bensinnya saat perjalanan jauh. Untuk apa?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pengguna motor 2-tak khususnya RX King yang kerap mencampur oli samping ke tangki bensinnya saat perjalanan jauh. Namun ada juga yang mencampur oli samping untuk pemakaian harian dengan takaran yang lebih sedikit.

Pemilik bengkel Mustika Motor, Opik, mengatakan oli samping yang dicampur ke tangki memiliki beberapa kegunaan. Salah satunya untuk mencegah agar tangki bersih dari karat.

"Biasanya kalau gak dicampur oli samping, kita pakai bensin murni atau pertamax murni biasanya karat akhirnya rembes ke bawah. Kotoran bisa numpuk di bawah bikin keropos tangki," ujar Opik saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (27/2/2018).

Selain itu, fungsi lainnya adalah agar motor tidak mengeluarkan suara kasar.

"Oli samping campur ke tangki agar pelumasan di blok seher lebih bagus jadi gak terlalu fokus di pompa oli. Kalau hanya fokus di pompa oli takut olinya gak naik dari pompanya itu bikin blok suaranya berisik, keluar suara kasar," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Ia juga menyarankan untuk perjalanan jauh atau dekat oli samping boleh masuk ke tangki, asal jangan terlalu banyak.

"Kalau terlalu banyak nanti ngebul knalpotnya lebih banyak. Kalau yang masih ada pompa olinya paling engga dua tutup botol aja. Tapi kalau enggak ada pompa olinya, botol larutan yang kecil takarannya segitu," kata Opik.

Jangan lupa, saat menuang oli ke tangki biasakan sambil menggoyangkan motor.

"Biar turunnya menyebar, gak diam di bawah aja," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.