TVS Zeppelin, Motor Touring Hybrid dari India

Oleh Arief Aszhari pada 24 Feb 2018, 14:14 WIB
Diperbarui 26 Feb 2018, 14:13 WIB
TVS Zeppelin

Liputan6.com, New Delhi - Dibanding merek roda dua lain, seperti Honda, Suzuki, Yamaha, atau BMW Motorrad, TVS bukanlah pabrikan yang cukup terkenal di dunia. Namun, jenama asal India ini ternyata memiliki konsep motor petualang keren bermesin hibrida, Zeppelin.

Dilansir Newatlas, ditulis Sabtu (24/2/2018), TVS Zeppelin ini sejatinya sudah diperkenalkan ke publik di gelaran Auto Expo 2018, beberapa waktu lalu.

TVS Zeppelin dipersenjatai dengan mesin satu silinder berkapasitas 220 cc dengan belt drive di roda belakang. Mesin tersebut, dikawinkan dengan motor listrik 1.200 watt (1,6 Tk) dan baterai lithium-ion 48 volt.

Dengan perpaduan mesin tersebut, memang jangan berharap memiliki tenaga yang cukup besar, namun jika berbicara torsi motor ini akan sangat mumpuni untuk melibas jalan off-road.

Tampilan motor ini, jika dilihat sekilas mirip dengan Honda CB400 dengan tambahan lampu pendingin.

Dari segi desain, motor ini tidak terlalu buruk, bahkan motor ini dilengkapi fitur canggih seperti dashcam yang sudah terpasang di dekat lampu depan dan tombol untuk pengapian.

Untuk spesifikasi yang lebih detail, kemungkinan bakal diumumkan saat versi produksi dari TVS Zeppelin ini diluncurkan dalam waktu dekat.

2 of 2

Motor Listrik dari Swedia Ini Punya Keunggulan Unik, Apa Saja?

Sepeda motor listrik KALK E-Bike
Sepeda motor listrik KALK E-Bike. (rideapart.com)

Kata cake dalam bahasa Inggris berarti kue. Namun hal ini berbeda dengan perusahaan berbasis di Stockholm, Swedia.

Pasalnya, Cake merupakan salah satu pabrikan sepeda motor listrik baru merilis produk terbarunya yaitu KALK E-Bike.

Dilansir Rideapart,Selasa (13/2/2018), karena sepeda motor listrik, KALK E-Bike telah dibenamkan baterai lithium 51,8 Volt, 50Ah, 2,6 kWh, yang memiliki daya hingga 20 Tenaga Kuda (Tk) dan torsi  42 Nm.

 

 

Keberadaan mesin tersebut diklaim membuat sepeda motor listrik berbobot 150 kilogram tersebut mampu melesat hingga 50 mil atau 80 km dalam sekali tempuh.

Jika dilihat dari bentuknya, motor listrik KALK E-Bike ini memiliki desain unik, belum lagi sekujur bodinya telah menggunakan serat karbon, mulai dari beberapa bagian di jok, panel samping, dan fender.

KALK E-Bike juga dijejali perangkat lunak yang dikembangkan khusus untuk menghubungkan unit pengontrol off roader, yang dapat memilih salah satu dari tiga mode yang telah diprogram. 

Sepeda motor ini telah menggunakan frame dari bahan aluminium 6061 yang dipadukan dengan shockbreaker dari Ohlins TT pada bagian depan dan belakang. Menariknya, Ohlins yang digunakan dikembangkan secara khusus.   

Pada bagian kaki-kaki, KALK E-Bike ini telah menggunakan pelek 24 inci 6061 yang dibalut ban yang dikembangkan secara khusus, agar lebih awet dah tak cepat aus.

Sepeda motor listrik ini sudah bisa dipesan dengan jumlah terbatas, yaitu hanya 50 unit. Untuk menebusnya, Anda wajib menyerahkan mahar hingga US$14 ribu atau Rp 188 juta. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓