Sukses

Pemilik Kendaraan di Kota Besar Sering Lupa Ganti Oli, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik kendaraan, ritual mengganti oli atau pelumas kendaraan merupakan hal yang wajib dilakukan. Pasalnya, dengan mengganti oli atau pelumas, akan menjaga kondisi mesin tetap prima.

Namun, bagi pemilik kendaraan yang berdomisili di kota besar, sering menunda atau lupa mengganti oli mobil atau motornya.

"Dengan mobilitas dan kesibukan yang tinggi, sering kali pengguna kendaraan menunda untuk mengganti oli, bahkan pemilik tidak mengganti oli sama sekali," jelas Yusak Kristian, Direktur Astra Otoparts, saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Lanjut Yusak, dengan tidak mengganti atau telat mengganti oli, bakal menyebabkan mesin mobil menjadi cepat panas dan kualitas mesin menurun.

"Kalau sudah begitu, tarikan mesin yang semakin berat sehingga menyebabkan pemakaian bahan bakar yang berlebih sehingga pada kerusakan komponen," tambahnya.

Untuk diketahui, oli pada kendaraan tidak hanya berfungsi sebagai pelumas yang menjaga mesin kendaraan agar tidak retak atau tergerus akibat gesekan antar komponen mesin. Tetapi, oli juga oli juga berfungsi untuk membersihkan kotoran yang melekat pada komponen mesin kendaraan.

Dengan begitu, penggunaan dan penggantian oli yang sesuai standar merupakan salah satu cara untuk menjaga agar mesin dapat terus menghasilkan performa terbaik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Oil Home Delivery

Dengan melihat kebutuhan pemilik kendaraan yang serba praktis dan cepat, Shop & Drive menjawab kebutuhan tersebut, dengan meluncurkan layanan Oil Home Delivery (OHD).

Dengan layanan ini, pemilik kendaraan bisa mengganti oli di mana pun dan kapan pun tanpa datang langsung ke outlet, yaitu hanya dengan menghubungi call center Shop & Drive 1500015.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.