Toyota Supra Tebar Pesona Sebelum Geneva Motor Show 2018

Oleh Yurike Budiman pada pada 14 Feb 2018, 10:16 WIB
Siluet Toyota Supra

Liputan6.com, Jenewa - Setelah bertahun-tahun menunggu, akhirnya Toyota Supra generasi terbaru akan meluncur perdana pada Maret nanti di Geneva Motor Show 2018. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Toyota.

Dilansir dari Carscoops, Selasa (13/2/2018), Toyota telah membeberkan foto berupa gambar siluet yang menunjukkan detail bodywork melengkung dan bagian sayap belakang dari Supra.

Toyota Supra yang nantinya dipamerkan di Jenewa tersebut, kemungkinan besar bukan model produksi akhir. Perlu diketahui, Toyota telah bekerja sama dengan BMW untuk pengembangan model Supra dan Z4 terbarunya.

Laporan lain mengatakan Supra baru ini hadir di bawah bendera Gazoo Racing, tidak dengan logo Toyota. Hal ini merupakan upaya untuk membangun kinerja sub-merek baru mereka.

Toyota berencana menawarkan berbagai model Toyota Supra, dengan satu versi yang didukung oleh mesin enam silinder bersumber dari BMW dengan tenaga sekitar 335 tk. Supra baru ini diperkirakan akan ditawarkan dalam empat versi yang berbeda.

Jadi, kita tunggu debutnya pada 6 Maret mendatang.

 

 

 

 

 

1 of 4

Deretan Mobil Sport Legendaris Toyota Paling Keren

Toyota 2000GT (Foto:Autoblog)
Toyota 2000GT (Foto:Autoblog)

Tidak hanya ahli dalam memproduksi mobil keluarga atau sport utility vehicle(SUV), Toyota juga cukup mampu untuk menciptakan mobil sport. Bahkan, raksasa asal Jepang ini mampu menghadirkan mobil sport, yang mampu mencapai kejayaan.

Tidak hanya popularitas, mobil sport Toyota ini juga mampu menyandang gelar legenda di dunia otomotif. Sebut saja Toyota Supra, Celica, dan 2000 GT.

 

 

Melansir laman resmi Toyota, berikut sejarah tiga mobil sport Toyota:

Toyota 2000 GT

Medio 1960-an menjadi era kelahiran banyak mobil sport hebat di seluruh dunia. Tidak terkecuali Toyota, yang memulai pengembangan model Gran Tourismo pada 1964. Dengan bekerjasama dengan Yamaha Motor Co., Ltd, akhirnya Toyota meluncurkan GT ini di ajang Tokyo Motor Show 1965. Sementara model produksi mulai dipasarkan pada 1967.

Model ini memiliki bentuk coupe, dengan bodi rendah dirancang oleh Toyota Motor Corporation (TMC). Mesin DOHC 6 silinder berkapasitas 2.000 cc, menjadi jantung dari Toyota GT. Mobil sport ini juga dilengkapi suspensi independen pada empat roda dengan konstruksi double-wishbone.

Sebagai fitur keamanan, TMC memasang rem cakram di empat roda. Velg berbahan magnesium digunakan pada produksinya untuk menekan bobot kendaraan. Toyota 2000 GT adalah mobil pertama yang mengadopsi komponen baru tersebut dan dibuat di Jepang.

Performanya menjadi sorotan dunia, karena mampu mencapai kecepatan maksimum 220 km/jam. Akselerasinya dari 0-400 meter hanya butuh waktu 15,9 detik, dan 0-100 km/jam mampu dituntaskan dalam 8,6 detik. Sebelum diluncurkan ke publik, Toyota 2000 GT mencatatkan banyak rekor dimana 16 diantaranya adalah rekor dunia dan diakui internasional.

Toyota 2000 GT diproduksi terbatas dimana totalnya hanya 337 unit dan pada tahun 1970 dihentikan produksinya.

2 of 4

Toyota Celica

Celica GT-Four
Salah satu dari 5 mobil Toyota tercepat sepanjang masa (Foto: http://wallstcheatsheet.com/)

Debut Celica awalnya sebagai mobil khusus (specialty car), yakni mobil sport yang diambil dari platform sedan. Berbeda dengan mobil sport coupe saat itu, gaya Celica memiliki perbedaan signifikan, dengan platform sedannya yakni Toyota Carina.

Generasi pertama Toyota Celica diluncurkan pada tahun 1970. Model ini menawarkan empat pilihan mesin, yakni 1.400 cc dan tiga unit 1.600 cc dengan pengaturan berbeda. Untuk penyalur tenaganya, ada tiga transmisi yang bisa dipilih yakni manual empat dan lima percepatan atau otomatis tiga percepatan.

Total ada 4 model yang ditawarkan yakni ET, LT, ST dan FT.

Istimewanya, Toyota Celica bisa dikustom sesuai selera pemiliknya. Menggabungan mesin, transmisi, serta aksesoris menjadi populer saat itu.

Toyota juga membuat banyak model yang diambil dari basis Celica. Sebut saja Celica Liftback yang diperkenalkan April 1973. Model ini merupakan coupe tiga pintu, dengan komposisi kabin 2+2.

Selain itu juga ada Celica XX atau lebih dikenal Celica Supra di pasar Amerika. Mengambil basis Celica Liftback, Toyota meningkatkan jarak sumbu roda 130 mm dan panjang 270 mm.

Pada Oktober 1986, Toyota meluncurkan Celica GT-Four. Berpenggerak empat roda (4WD), Celica GT-Four memakai mesin berkode 3s-GTEU berteknologi DOHC turbocharged.

3 of 4

Toyota Supra

Toyota Supra Turbo 1993-1998
Toyota Supra Turbo 1993-1998

Berawal dari perubahan model Celica XX pada Februari 1986, dimana saat itu pasar Amerika menamakannya Supra, Toyota membuat model sendiri. Toyota Supra masuk jalur produksi dengan perbedaan performa dan kualitas lebih tinggi dari Celica XX.

Konsumen bisa memilih empat tipe mesin yang ditawarkan, dimana seluruhnya menggunakan mesin enam silinder. Termasuk mesin 3.000 cc DOHC turbocharged berkode 7M-GTE. Ternyata Supra mempunyai sedikit DNA 2.000 GT yang melegenda dengan menggunakan suspensi double wishbone.

Namun sayang, Supra hanya bertahan dua generasi. Generasi terakhir, desainnya berubah total. Model hatchback coupe dengan kapasitas kabin 2+2. Mobil ini terlihat lebih pendek dari generasi sebelumnya, namun dimensi lebarnya diperbesar, sehingga terlihat lebih sporty dan compact.

Khusus model RZ mesin DOHC 24-valve berkapasitas 3.000 cc, disematkan twin-turbo yang membuat tenaganya meningkat menjadi 276 Tk.

Toyota bekerjasama dengan pabrik komponen asal Jerman, Getrag untuk mengadopsi transmisi manual 6 percepatan. Penggerah empat roda dan suspensi double wishbone dipertahankan untuk memberi kenikmatan dalam berkendara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓