Sukses

Motor Listrik dari Swedia Ini Punya Keunggulan Unik, Apa Saja?

Sepeda motor listrik, KALK E-Bike telah dibenamkan baterai lithium 51,8 Volt, 50Ah, 2.6kWh, yang memiliki daya hingga 20 Tenaga Kuda (Tk).

Liputan6.com, Stockholm - Kata cake dalam bahasa Inggris berarti kue. Namun hal ini berbeda dengan perusahaan berbasis di Stockholm, Swedia.

Pasalnya, Cake merupakan salah satu pabrikan sepeda motor listrik baru merilis produk terbarunya yaitu KALK E-Bike.

Dilansir Rideapart,Selasa (13/2/2018), karena sepeda motor listrik, KALK E-Bike telah dibenamkan baterai lithium 51,8 Volt, 50Ah, 2,6 kWh, yang memiliki daya hingga 20 Tenaga Kuda (Tk) dan torsi  42 Nm.

Keberadaan mesin tersebut diklaim membuat sepeda motor listrik berbobot 150 kilogram tersebut mampu melesat hingga 50 mil atau 80 km dalam sekali tempuh.

Jika dilihat dari bentuknya, motor listrik KALK E-Bike ini memiliki desain unik, belum lagi sekujur bodinya telah menggunakan serat karbon, mulai dari beberapa bagian di jok, panel samping, dan fender.

 

 

KALK E-Bike juga dijejali perangkat lunak yang dikembangkan khusus untuk menghubungkan unit pengontrol off roader, yang dapat memilih salah satu dari tiga mode yang telah diprogram. 

Sepeda motor ini telah menggunakan frame dari bahan aluminium 6061 yang dipadukan dengan shockbreaker dari Ohlins TT pada bagian depan dan belakang. Menariknya, Ohlins yang digunakan dikembangkan secara khusus.   

 

Pada bagian kaki-kaki, KALK E-Bike ini telah menggunakan pelek 24 inci 6061 yang dibalut ban yang dikembangkan secara khusus, agar lebih awet dah tak cepat aus.

Sepeda motor listrik ini sudah bisa dipesan dengan jumlah terbatas, yaitu hanya 50 unit. Untuk menebusnya, Anda wajib menyerahkan mahar hingga US$14 ribu atau Rp 188 juta. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Era Harley-Davidson Listrik Semakin Dekat

Empat tahun setelah merilis project LiveWire yang menangani purwarupa sepeda motor listrik, Harley-Davidson akhirnya mengumumkan akan segera menghadirkan motor listrik pertamanya ke pasaran.

Dilansir Electrek, perusahaan ini akan berinvestasi lebih agresif agar mampu memimpin dalam hal teknologi listrik pada sepeda motor. Karena itu, Harley-Davidson akan memasarkan sepeda motor listrik pertamanya dalam waktu 18 bulan ke depan.

Menurut Presiden dan Chief Executive Officer Harley Davidson, Matt Levatich, pasar motor listrik saat ini masih dalam tahap pertumbuhan.

“Tetapi kami yakin motor listrik premium Harley-Davidson akan mendorong kegembiraan dan ikut berpartisipasi secara global. Seiring dengan kemampuan dan komitmen sepeda motor listrik kami, kami semakin bersemangat dalam mengembangkan bisnis kami," ujar Levatich.

Tidak disebutkan, apakah sosok motor listrik Harley-Davidson tersebut adalah proyek dari LiveWire atau jenis motor baru.

Akan tetapi, proyek ini dianggap memiliki dampak yang sangat besar ketika pertama kali ditampilkan di 2014 lalu. Pasalnya, setelah itu merek sepeda motor asal negeri Paman Sam ini membuat sejumlah prototype. Mereka juga mempersilakan para pekerja untuk mencicipi motor yang dibuatnya untuk memberikan masukan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.