Sukses

Sampo dan Tembakau, Alternatif Penghilang Embun di Kaca Mobil

Penggunaan AC juga dapat membantu menghilangkan embun terutama ketika hujan atau dingin.

Liputan6.com, Jakarta - Air conditioner (AC) tak hanya mampu memberikan kenyamanan sehingga kabin mobil terasa sejuk. Penggunaan AC juga dapat membantu menghilangkan embun terutama ketika hujan atau udara dingin di luar mobil.

Jika tak percaya, maka Anda bisa mempraktikannya, yaitu dengan cara mematikan AC mobil Anda.

Hal ini diketahui karena perbedaan suhu dan kelembaban di luar dan di dalam kabin mobil. Keberadaan embun jika terlalu lama akan berbahaya, karena mengganggu visibilitas saat berkendaraa.

Bahkan embun yang menempel terlalu lama di kaca dapat menyebabkan timbul kerak air di permukaan kaca.

Adapun untuk menghilangkan embun di kaca mobil, ini ada triknya, seperti dilansir situs Asuransi Astra, yaitu:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sampo Rambut

Formula yang terdapat pada sampo rambut dapat mencegah terbentuknya embun karena kelembaban di sekitar kaca terjaga.

Caranya cukup oleskan sedikit cairan di kaca mobil bagian dalam, tetapi jangan dicampur air. Kemudian lap kaca dengan lap sintetis yang sedikit lembab (jangan bercampur air).

Lakukan dengan gerakan searah agar kaca tidak buram. Jika hujan telah reda dan cuaca kembali cerah segera bersihkan kaca mobil dari sampo hingga bersih.

 

3 dari 3 halaman

Tembakau Rokok

Selain sampo, ada juga alat lain yang dapat mencegah timbulnya embun, yaitu tembakau.

Tembakau memiliki kandungan nikotin pada tembakau dipercaya dapat menyerap uap air. Oleskan tembakau pada kaca bagian luar dengan halus agar tidak menggores permukaan kaca mobil.

Pakai Cairan Anti Kabut

Buat Anda yang ingin cara lebih praktis, bisa membeli produk cairan anti kabut atau defogger di toko perlengkapan mobil.

Cukup semprotkan ke kaca bagian dalam secara merata. Kemudian diamkan beberapa saat, lalu lap dengan kain lembut yang kering dengan gerakkan searah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.