Hadapi Tahun Politik, Isuzu Siapkan Produk Anyar

Oleh Amal Abdurachman pada 05 Feb 2018, 17:01 WIB
Diperbarui 07 Feb 2018, 16:13 WIB
Isuzu Jual 28.278 Unit Mobil Niaga Sepanjang 2014

Liputan6.com, Jakarta - 2018 akan menjadi tahun yang penuh tantangan bagi pemain industri otomotif, terutama kendaraan komersial. Meskipun demikian, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) akan memperkenalkan new Isuzu Giga pada ajang GIIAS Commercial di JCC, 1 Maret mendatang.

Rasa optimistis IAMI terlihat dari target penjualan yang ditingkatkan sebesar 25 persen dari perolehan di tahun lalu yang mencatatkan penjualan 20.502 unit.

Target tersebut dipengaruhi dari beragam faktor, mulai dari insfrastruktur hingga kondisi politik. Ernando Demily, Vice Presdir IAMI, mengatakan," Kami melihat adanya akselerasi pembangunan mendekati 2019 untuk menyelesaikan project yang berlangsung."

Faktor lainnya adalah ekonomi global yang membaik, menurutnya hal tersebut akan meningkatkan kebutuhan akan mobil komersial. Di 2018, segmen logistik juga diprediksi akan mengalami peningkatan. Terutama saat infrastruktur dan connectivity membaik, terutama jalur Sumatera-Jawa.

"Pada saat speed-nya (kecepatan pengiriman) membaik, terutama jika jembatan timbang dijalankan secara konsisten, kita melihat adanya peningkatan untuk kebutuhan truk," sambungnya.

Selain itu, tahun politik dianggap masih mendukung selama tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. "Selama situasi tidak riot atau kondusif, kami tetap optimistis," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 of 2

Penjualan Isuzu Panther Merosot

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mencatatkan tren penjualan positif selama tahun 2017 dibanding tahun 2016. Pada tahun lalu, tercatat penjualan Isuzu ke end customer meningkat sebesar 26 persen dengan total penjualan 20.502 unit.

Meskipun kenaikannya sifnifikan, ternyata Panther mengalami penurunan cukup dalam. Pada 2016 Panther terjual sebanyak 1.311 unit, sedangkan di tahun 2017 terjual 1.147 unit. Penurunannya sebesar 12,5 persen.

Menanggapi hal tersebut, Ernando Demily, Vice Presdir PT IAMI, mengatakan, "Kita harus akui Panther terakhir ada major improvement change pada tahun 2000,"

Ini menandakan Panther yang sampai kini masih dijual masih sama dengan yang dijual 2000 silam, yang artinya umur dari Panther generasi terakhir berumur 18 tahun. Ernando mengakui, untuk passenger, PT IAMI akan fokus dengan mu-X terlebih dahulu.

"Kita fokus ke mu-X. Kami cukup gembira, masuk kembali ke segmen passenger tidak gampang," sambungnya.

Lanjutkan Membaca ↓