Semakin Laris, Ini Deretan Keunggulan Kendaraan Hybrid

Oleh Arief Aszhari pada 31 Jan 2018, 06:00 WIB
Diperbarui 02 Feb 2018, 05:13 WIB
Hybrid Toyota

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan salah satu jenis kendaraan ramah lingkungan, hybrid, semakin diterima masyarakat. Bahkan, kendaraan ini sudah mulai menjadi pilihan baru bagi masyarakat, selain mobil konvensional.

Melansir pressroomtoyotaastra, ditulis Selasa (30/1/2018), ada beberapa keunggulan mesin hybrid dibanding mesin bensin atau diesel. Jika melihat sejarahnya, Toyota sudah melakukan riset dan pengembangan mobil ramah lingkungan, dengan sistem hybrid pada 1994.

Kurang dari satu tahun, tepatnya pada Tokyo Motor Show (TMS) 1995, Toyota mulai memperkenalkan konsep sistem hybrid pada masyarakat global. Berjalan dua tahun setelah konsep tersebut diperkenalkan, TMC menyempurnakan konsep sistem hybrid melalui kendaraan hybrid pertama yaitu Prius.

Pada TMS ke-31 di 1997, Toyota secara resmi memperkenalkan kendaraan hybrid pertamanya, Prius. Sejak saat itu, antusiasme masyarakat terhadap mobil hybrid meningkat, dan tak hanya sekedar efisien, konsumen juga membutuhkan kendaraan performa dengan desain kompak serta minim suara mesin.

Sistem hybrid pertama Toyota mengusung nama Toyota Hybrid System (THS). Sejak awal, Sistem hybrid Toyota hadir dengan dua sumber tenaga, yaitu mesin berbahan bakar bensin serta generator listrik dengan baterai lithium-ion.

Secara visual, mekanisme sistem hybrid seperti kinerja sepeda tandom, yaitu terdapat dua sumber tenaga yang berasal dari dua pengayuh sepeda untuk menghasilkan akselerasi.

2 of 3

Selanjutnya

All New Toyota Prius
All New Toyota Prius (Foto: SFGate).

Menjajaki usia 20 tahun, Toyota mengembangkan THS menjadi Hybrid Synergy Drive (HSD). Melalui penyempurnaan tersebut, Toyota hadirkan teknologi full hybrid dengan mode electric vehicle (EV), sehingga kendaraan mampu berjalan hanya dengan sumber tenaga motor listrik.

Mode EV aktif ketika kendaraan pertama dihidupkan hingga berakselerasi secara normal, sehingga mesin tidak beroperasi. Melalui hal tersebut, sistem hybrid mampu menghasilkan efisiensi bahan bakar terbaik, serta menghilangkan emisi gas buang yang berasal dari mesin

Mengingat pada mode EV mesin dalam kondisi mati, hingga menghasilkan suara kendaraan yang lebih halus. Tidak hanya itu, HSD mampu menghasilkan tenaga lebih besar ketika berakselerasi penuh melalui motor listrik dengan tambahan tenaga yang dihasilkan oleh mesin.

 

3 of 3

Selanjutnya

Toyota Prius Hybrid
Toyota Prius Hybrid hadir di GIIAS 2017. (Herdi Muhardi)

Toyota melengkapi sistem hybrid dengan control power unit dalam melakukan transisi tenaga, sehingga menghasilkan perpaduan suara serta peningkatan tenaga lebih halus.

Tidak hanya itu, penyempurnaan HSD juga terletak pada pemanfaatan sistem pengereman yang diubah menjadi sumber daya. Dengan penyempurnaan tersebut, meminimalisir energi terbuang serta baterai sebagai penggerak motor tetap stabil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓