Sukses

Moge Ini Pembangkit Tren Chopper seperti Milik Jokowi

Motor jenis chopper ini mulai menjadi tren ketika film Easy Riders yang dirilis pada 1969 ini muncul.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia modifikasi Tanah Air seperti tengah mendapat angin segar. Bagaimana tidak, belum lama ini, Presiden Joko Widodo, baru saja membeli motor kustom beraliran chopper dari dua rumah modifikasi, Elders Garage dan Kickass Choper.

Motor yang diberi nama Chopperland ini, dibeli orang nomor satu Indonesia itu dengan banderol Rp 140 juta, dan sudah diantarkan langsung oleh para pelaku modifikator Tanah Air ke Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (20/1/2018).

Sejatinya, motor chopper ini mulai menjadi tren ketika film Easy Riders yang dirilis pada 1969 ini muncul. Dalam film tersebut, motor berjenis chopper berkelir merah, putih, dan biru yang tak lain motif bendera Amerika Serikat menjadi ikon yang paling melegenda.

Motor chopper yang juga disebut sebagai Harley Davidson Captain America ini dibangun oleh Peter Fonda, yang juga sebagai aktor, penulis, dan produser di film Easy Riders, bersama Tex Hall dan aktor Dan Haggerty.

Untuk basisnya, menggunakan Harley Davidson Hydra-Glide tahun 1952, yang dibeli Fonda di sebuah lelang polisi. Motor ini tetap mempertahankan mesin asli HD Panhead, sementara bagian lainnya semua dimodifikasi.

Pastinya, komponen untuk kenyamanan motor ini, seperti lampu sein, rem depan, spakbor depan dibuang ke tempat sampah. Sementara untuk yang masih tersisa dilapisi krom, dan tangki layaknya bendera Amerika Serikat.

Untuk film Easy Riders ini, dibikin dua motor chopper, namun satu hilang dicuri saat syuting, dan satu unit mengalami tabrakan sebagai adegan di akhir film.

Namun, untuk motor chopper sisanya sudah diperbaiki oleh Haggerty, dan dilelang pada 1996.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi

Motor ikonik ini dipersenjatai dengan mesin empat stroke V-Twin berkapasitas 1207 cc, berpendingin cairan. Unit tersebut dikawinkan dengan transmisi empat percepatan.

Dengan spesifikasi tersebut, motor ini mampu menghembuskan daya hingga 60 Tk pada 6.000 rpm, dan torsi maksimum sebesar 95 Nm pada 4.000 rpm.

Dengan mesin tersebut, motor ini mampu berlari hingga 145 km per jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.