Lihat Pengujian Keselamatan Mobil Teraman Buatan Eropa

Oleh Herdi Muhardi pada 13 Jan 2018, 14:10 WIB
Volvo XC60 Euro NCAP

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2017 memang telah berakhir, tapi pada tahun lalu ternyata ada sebuah berita cukup menggembirakan bagi perusahaan mobil asal Swedia, Volvo.

Seperti dilansir Motor1, Jumat (12/1/2018), pada 2017 lembaga European New Car Assessment Programme (Euro NCAP) menjadikan Volvo XC60 sebagai mobil teraman. Pengujian dilakukan pada 70 mobil berbeda yang dibuat di 2017.

Untuk menjadi yang teraman, Euro NCAP menilai Volvo XC60 berhasil mencatatkan 98 persen di kategori Adult Occupant dan 95 persen dalam hal safety assist.

Wakil Presiden Volvo Cars Safety Center, Malin Ekholm berjanji, pada 2020 Volvo akan membuat mobil yang tidak akan menyebabkan orang tewas atau cedera saat menggunakan mobil Volvo baru.

Masih menurut Motor1, Volvo sebelumnya telah mengklaim bahwa dalam berbagai pengujian tes keamanan, mobil buatannya memiliki nilai tertinggi.

 

1 of 3

Selanjutnya

Adapun beberapa pengujian itu adalah Autonomous Emergency Braking (AEB) Euro NCAP (city, interurban, pedestrian) di mana XC60, S90, dan V90 unggul dengan mendapatkan nilai sempurna.

Bahkan untuk S90 dan V90, masing-masing  mendapatkan nilai 95 persen dalam kategori Adult Occupant dan 93 persen di kategori Safety Assist. Di bawah Volvo XC60, mobil teraman lainnya di tempat Volkswagen Polo, T-Roc, Arteon, Subaru Impreza dan XV, kemudian Opel dan Vauxhall Crossland X.

2 of 3

Cari Mobil Teraman, Simak Dulu Bocorannya

Toyota Camry
Toyota Camry. (Motor1)

Berbagai mobil terbaru terus bermunculan. Tak hanya masalah desain dan teknologi, mobil keluaran paling anyar wajib dilengkapi berbagai fitur keamanan dan keselamatan mumpuni di dalamnya.

Setidaknya untuk mencari mobil teraman hal itu kerap dilakukan di Amerika Serikat. Maklum Negeri Paman Sam sangat ketat dalam membuat regulasi demi kenyamanan masyarakatnya.

Hal ini pula membuat Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) atau Lembaga Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya kembali mencari mobil paling aman dan memberikan penghargaan Top Safety Pick+ dan Top Safet Pick.

Dilansir Carscoops, Jumat (8/12/2017), untuk menjadi Top Safety Pick+ sebuah mobil harus memiliki beberapa syarat seperti pencahayaan di lampu depan yang bagus, bagian sisi penumpang memiliki perlindungan yang baik dan memiliki perlindungan jika terjadi tabrakan depan.

Para pemenang Top Safety Pick+ nyatanya berasal dari berbagai merek mobil mulai dari pabrikan Jerman, Korea Selatan, dan Jepang.

Mobil-mobil yang masuk dalam Top Safety Pick+ ini berasal dari berbagai kategori mulai dari Small Cars, Midsize Cars, Large luxury cars, Midsize SUV, dan Midsize Luxury SUV.

Tak hanya penghargaan Top Safety Pick+ yang memiliki faktor keamanan lengkap, tapi IIHS juga memberikan penghargaan Top Safety Pick pada beberapa mobil lainnya.

Perlu diketahui, mobil-mobil ini memang diuji dan dijual di Amerika Serikat. Namun begitu, beberapa mobil lainnya juga telah dilego di Indonesia. Hanya saja, jika masuk Indonesia selain harga yang lebih mahal, terkadang ada beberapa spesifikasi dan fitur yang disesuaikan dengan pasar nasional.

Lanjutkan Membaca ↓