Sukses

Honda Monkey Legenda Musik John Lennon Dijual, Berani Tawar?

Liputan6.com, London - Agustus 2017, Honda menyuntik mati sepeda motor legendaris yang dikenal dengan nama ‘Monkey’. Mengakhiri masa produksinya, perusahaan dengan logo Sayap Kepak ini meluncurkan seri pamungkas yaitu Monkey 50th Special.

Setidaknya 500 unit Monkey edisi spesial diproduksi. Akan tetapi masalah justru timbul  di mana calon konsumen melonjak naik karena ingin menjadi pembeli motor mungil edisi terakhir.

Puluhan ribu orang mendaftar bahkan ada juga yang langsung ‘menyerbu’ pabrik Honda di Tokyo, Jepang, agar mendapatkan jatah Monkey spesial tersebut.

Nah, karena sudah tidak lagi dibuat, ternyata Honda Monkey juga banyak dijual melalui lelang.

Salah satunya seperti Honda Monkey seken dengan kode Z50A K1 buatan 1969 yang akan diijual melalui rumah lelang H&H Classic di National Motorcycle Museum Motorcycle Auction, Inggris, 4 Maret 2018 mendatang. Demikian dilansir Visordown, Sabtu (7/1/2018).

Usut punya usut, Honda Monkey yang satu ini selain sudah menjadi barang klasik dan langka, ternyata memiliki nilai historis. Pasalnya, Honda Z50A K1 ini pernah dimiliki musisi sekaligus pentolan grup The Beatle, John Lennon.

Diperkirakan, Honda Monkey bekas John Lennon ini dapat terjual tinggi hingga tembus 30 ribu Poundsterling atau sekitar Rp 539 juta. Harga ini juga dipicu karena kondisi motor tersebut diklaim masih orisinil termasuk penggunaan suku cadang.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cerita John Lennon dan Honda Monkey

Bentuk yang mungil rupanya membuat pria kelahiran Liverpool, 9 Oktober 1940 dengan nama panjang John Winston Ono Lennon ini kepincut membelinya.

Tepat pada 1969 Lennon meminang Honda Monkey. Motor ini pun kerap digunakan dia untuk berkeliling di dekat rumah di Tittenhurst Park.

Namun pada 1971 motor ini djual, lantaran Lennon harus pindah ke New York. Motor mini tersebut akhirnya dijual kepada Henry Graham, dan di tahun yang sama dijual kembali ke John Harington.

Harington menjadi pemilik yang sah hingga saat ini. Selama 47 tahun, Harington telah memamerkannya motor bekas Lennon ke berbagai acara dan pameran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini