Waspada, Salah Pasang Tutup Oli Bisa Menyebabkan Kebakaran Mobil

Oleh Arief Aszhari pada 04 Jan 2018, 02:33 WIB
Mobil listrik kebakar (Foto:Telegraph)

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran mobil saat berjalan atau saat parkir, mungkin saja terjadi. Banyak faktor yang dapat menyebabkan mobil terlahap si jago merah, dan paling banyak karena faktor kecerobohan pemilik.

Dijelaskan Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), penyebab kebakaran bisa saja karena sampah plastik, ranting kayu, atau sesuatu yang tertinggal di ruang mesin.

"Misalkan, banyak pemilik yang membersihkan ruang mesin menggunakan lap sintetis. Lalu, lap tertinggal dan mobil dibawa jalan. Ketika mesin panas, lap kering dan akhirnya terbakar," jelas Anjar saat berbincang dengan Liputan6.com melalui sambungan telepon, Rabu (3/1/2017).

Selain itu, tutup oli juga bisa menyebabkan kebakaran. Misalkan, jika pemilik mobil ganti oli di rumah, dan tidak dibawa ke bengkel harus dipastikan penutup oli terpasang dengan benar.

"Ketika suhu mesin panas, oli pasti keluar. Jika mencapai titik api seperti knalpot, oli juga bisa menjadi pemicu kebakaran. Pasalnya, oli merupakan material yang mudah terbakar," tambahnya.

Selain itu, kebocoran tangki bahan bakar juga menjadi penyebab utama. "Kalau hal tersebut, tidak perlu dipertanyakan. Penyebab kebakaran bisa juga terjadi dari keboncoran tangki bahan bakar," pungkasnya.

2 of 2

Malam Tahun Baru, 1.400 Mobil Terbakar di Lahan Parkir

1.400 Mobil terbakar di Parkiran Liverpool, Inggris (Foto:Carscoops)
1.400 Mobil terbakar di Parkiran Liverpool, Inggris (Foto:Carscoops)
Lanjutkan Membaca ↓