Sukses

Waspada, Salah Pasang Tutup Oli Bisa Menyebabkan Kebakaran Mobil

Tutup oli juga bisa menyebabkan kebakaran. Misalkan, jika pemilik mobil ganti oli di rumah pastikan tutup dipasang dengan benar. Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran mobil saat berjalan atau saat parkir, mungkin saja terjadi. Banyak faktor yang dapat menyebabkan mobil terlahap si jago merah, dan paling banyak karena faktor kecerobohan pemilik.

Dijelaskan Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), penyebab kebakaran bisa saja karena sampah plastik, ranting kayu, atau sesuatu yang tertinggal di ruang mesin.

"Misalkan, banyak pemilik yang membersihkan ruang mesin menggunakan lap sintetis. Lalu, lap tertinggal dan mobil dibawa jalan. Ketika mesin panas, lap kering dan akhirnya terbakar," jelas Anjar saat berbincang dengan Liputan6.com melalui sambungan telepon, Rabu (3/1/2017).

Selain itu, tutup oli juga bisa menyebabkan kebakaran. Misalkan, jika pemilik mobil ganti oli di rumah, dan tidak dibawa ke bengkel harus dipastikan penutup oli terpasang dengan benar.

"Ketika suhu mesin panas, oli pasti keluar. Jika mencapai titik api seperti knalpot, oli juga bisa menjadi pemicu kebakaran. Pasalnya, oli merupakan material yang mudah terbakar," tambahnya.

Selain itu, kebocoran tangki bahan bakar juga menjadi penyebab utama. "Kalau hal tersebut, tidak perlu dipertanyakan. Penyebab kebakaran bisa juga terjadi dari keboncoran tangki bahan bakar," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Malam Tahun Baru, 1.400 Mobil Terbakar di Lahan Parkir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini