Sukses

Mobil Masa Depan Wajib Bisa Parkir Pakai Remote

Fitur remote control parking ingin dimanfaatkan secara legal di negeri Ratu Elizabeth, Inggris.

Liputan6.com, London - Mobil-mobil terbaru di masa depan dipastikan akan berlimpah fitur-fitur terkini, termasuk remote control parking. Ya, fitur ini memungkinkan pelanggan dapat memarkirkan kendaraannya hanya dengan menggunakan remote tanpa harus berada di balik lingkar kemudi.

Salah satu negara yang sedang membahas regulasi dan membuat proposal akan fitur remote control parking ini adalah pemerintah Inggris. Mereka ingin fitur tersebut, dapat dimanfaatkan secara legal di negeri Ratu Elizabeth. Demikian dilansir Autoexpress, Rabu (20/12).

Tentu saja, fitur yang dapat dioperasikan dari jarak jauh ini bisa diterapkan pada sejumlah kendaraan, sehingga dianggap dapat membantu masyarakat yang memiliki mobilitas cukup padat.

Namun demikian, keberadaan remote control parking awalnya masih dipandang abu-abu. Karena sistem parkir jarak jauh disebut dapat menyebabkan salah penafsiran dengan penegak hukum terkait dengan peraturan lalu lintas.

Oleh karena itu, keberadaan fitur remote control parking ini diusulkan agar menambahkan beberapa regulasi baru soal penggunaannya di jalan raya.

"Anda dapat memarkir kendaraan Anda melalui remote control, menggunakan aplikasi atau perangkat parkir yang sesuai secara hukum dengan cara yang sesuai, yang tidak membahayakan orang lain," terang Menteri Transportasi Inggris Jesse Norman.

Lebih lanjut ia mengatakan,”fitur seperti parkir dengan kontrol jarak jauh seperti ini bisa menambah kenyamanan dan aksesibilitas yang lebih baik bagi pengemudi, sehingga mereka dapat parkir dan berkendara dengan lebih percaya diri."

Sementara itu, Chief Executive Society of Motor Manufacturers and Traders Mike Hawes menyatakan, proposal perihal remote control parking ini akan memberikan kabar baik bagi masyarakat.

"Kami menyambut baik komitmen pemerintah untuk menjaga agar Inggris tetap terdepan dalam pengembangan dan peluncuran kendaraan yang terhubung dan otonom," ucap Mike.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil-mobil yang dilengkapi Remote Control Parking

Saat ini mobil yang dilengkapi remote control parking belum menyeluruh. Hanya saja, ada beberapa pabrikan yang telah menarapkannya, seperti halnya BMW.

Model yang digunakan yakni BMW 5 Series. Bahkan fitur canggih ini ternyata juga bisa didapatkan untuk pasar Indonesia.

Selain BMW 5 Series, mobil yang menggunakan fitur ini adalah BMW 740Li. Di Indonesia, sedan mewah seri 7 ini dirakit secara lokal. Untuk mengoprasikannya Anda bisa menggunakan bantuan remote yang disebut BMW Display Key.

Penggunaan remote rontrol parking ini juga bisa dimanfaatkan jika lahan parkir yang digunakan tergolong sempit.

Namun seperti diketahui, fitur remote control parking ini tak hannya diterapkan pada BMW saja, melainkan beberapa mereka mobil mewah lainnya, termasuk Land Rover atau Volkswagen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.