Sukses

New Daihatsu Sirion Diuji Tabrak, Bagaimana Hasilnya?

Model baru Perodua Myvi atau yang lebih dikenal sebagai Daihatsu Sirion di Indonesia, sudah resmi diumumkan sebagai mobil aman.

Liputan6.com, Jakarta - Model baru Perodua Myvi atau yang lebih dikenal sebagai Daihatsu Sirion di Indonesia, sudah resmi diumumkan sebagai mobil aman. Pasalnya, mobil asal Jepang ini sudah mendapatkan bintang lima dari ASEAN NCAP 2017.

Dilansir Paultan, Rabu (20/12/2017), uji tabrak Daihatsu Sirion ini sudah resmi dilakukan pada Oktober tahun ini.

"Kami sekaligus bangga dan merendah, atas pengakuan prestasi kami ini. Perodua adalah perusahaan yang selalu mengutamakan konsumen, dan Myvi baru merupakan usaha terkuat kami sejauh ini," jelas Presiden dan CEO Perodua, Aminar Rashid Salleh.

Untuk diketahui, pengujian dan penilaian Daihatsu Sirion berdasarkan peraturan terbaru dari ASEAN NCAP. Pada tahun ini, tes dan penilaian mobil teraman ini lebih ketat dibanding sebelumnya.

Daihatsu Sirion mendapatkan 32,71 poin dari kemungkinan 36 poin dalam tes perlindungan penumpang dewasa, dan poin 43,14 dari kemungkinan 49 poin untuk perlindungan anak-anak.

Peringkat keselamatan bintang lima Daihatsu Sirion ini berlaku untuk semua varian, dengan fitur keselamatan, seperti empat airbag, ABS, EBD, VSC, emergency stop signal, Isofix, serta sabuk pengaman untuk semua penumpang.

Sementara itu, untuk varian 1.5 liter, mendapatkan enam airbag, dan untuk varian 1.5 Advanced mendapatkan Advanced Safety Assist (ASA), dan Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Front Departure Alert, dan Pedal Misoperation Control functions.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tampilan Keren Daihatsu Sirion Versi 3 Pintu, Menarik?

Selama ini, Perodua Myvi atau yang lebih dikenal sebagai Daihatsu Sirion di Indonesia banyak direkayasa sebagai sedan, crossover, bahkan hothatch. Kini, Theophilus Chin menunjukkan rendering citycar andalan pabrikan asal Jepang tersebut, dengan versi tiga pintu.

Daihatsu Sirion tiga pintu ini terlihat memiliki pintu yang lebih panjang, dan garis atap rendah. Untuk wajah depan mobil ini lebih ke belakang, sehingga tampak lebih ramping dan agresif. Demikian dilansir Paultan, Senin (27/11/2017).

Bagian buritan, lampu terlihat masih sederhana, dengan spoiler yang lebih besar. Tampilan sporty terlihat dari penggunaan pelek turbin, serta atap panoramic.

Seperti halnya Daihatsu Sirion hothatch yang sulit terwujud, versi tiga pintu ini juga setali tiga uang. Untuk pasar Malaysia maupun Indonesia, sepertinya tidak akan menghadirkan Daihatsu Sirion tiga pintu tersebut.

Untuk diketahui, generasi baru dari Daihatsu Sirion memang telah direncanakan, dengan ubahan baik dari segi eksterior maupun interior.

Untuk mesinnya, Daihatsu Sirion baru sepertinya bakal mengadopsi mesin berteknologi VVT-i berkapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter. Mesin tersebut merupakan keluarga dari mesin Toyota berkode NR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.