Sukses

Banyak Pesaing, Toyota Avanza Baru Tahun Depan?

Persaingan di segmen LMPV bakal tetap sengit, dengan kehadiran banyak model baru. Lalu, bagaimana strategi penguasa pasar, Toyota Avanza?

Liputan6.com, Jakarta - Segmen mobil keluarga bawah atau low multi purpose vehicle (LMVP) masih akan tetap jadi primadona. Bahkan, persaingan di segmen ini tetap sengit di tahun depan. Kehadiran banyak model baru, seperti Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero banyak mempengaruhi gejolak pasar.

Seperti tidak ingin tergerus, para pemain lawas di segmen ini juga tengah bersiap menghadirkan model baru. Sebut saja Suzuki, yang tengah menyiapkan Ertiga baru, atau isu kehadiran model baru dari Toyota Avanza.

Dijelaskan Executive GM PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopronoto, penjualan Toyota Avanza memang masih terbantu konsumen borongan atau fleet. Hal tersebut, bisa dilihat dari larisnya Avanza 1.3 G transmisi manual.

"Betul, karena lebih banyak rental atau fleet customer. Memang dari awal, saya sudah bicara saat Xpander keluar, memang akan isi segmen konsumen yang butuh model yang lebih stylish," jelas Soerjo di sela-sela Toyota Media Gathering di Jakarta, Selasa malam (12/12/2017).

Dengan semakin banyaknya model LMPV yang lebih stylish, pabrikan asal Jepang ini memang perlu melakukan penyegaran Avanza dengan arah desain yang lebih bergaya, seperti Mitsubishi Xpander atau Honda Mobilio.

"Kita lagi studi, karena segmen tersebut sudah dimasuki dua merek, yaitu Honda Mobilio dan Mitsubishi Xpander. Sedangkan Toyota lagi studi, apa memang kita perlu untuk masuk ke segmen tersebut," tambah Soerjo.

Sementara itu, meskipun tidak menampik tengah mengembangan Avanza yang lebih stylish, namun Toyota tidak ingin meninggalkan citra LMPV-nya sebagai mobil yang multifungsi, dengan durability yang luar biasa. "Product development itu tiga sampai lima tahun," tegasnya.

Jadi, jika sesuai waktunya, kemungkinan besar Toyota bakal menghadirkan Avanza baru tahun depan. Pasalnya, Toyota Avanza terakhir mendapatkan penyegaran pada 2015, atau tepat tiga tahun lalu dari 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Eksistensi Toyota Avanza dan Veloz Jadi Modal Utama

Berada di sebuah daerah dengan kondisi jalan yang beragam, membuat sebagian masyarakat Indonesia perlu memikirkan jenis kendaraan yang benar. Apalagi saat ini kondisi jalanan Ibukota memang belum bersahabat dengan kendaraan.

Selain aspal mulus, kadang juga ditemui jalan bergelombang, rusak serta berbatu. Belum kontur perbukitan yang membuat masyarakat membutuhkan kendaraan tangguh segala medan.

Khusus untuk mobil keluarga, tidak sedikit yang menjatuhkan pilihan pada Toyota Avanza dan Veloz. Kendaraan yang telah menemani masyarakat Indonesia hampir 14 tahun ini memiliki beragam keunggulan.

Selain memiliki kapasitas besar dan desain modern, keunggulan Toyota Avanza dan Veloz sehingga menjadi incaran dan idaman masyarakat Indonesia adalah fitur keselamatan yang lengkap.

Bicara mengenai keunggulan, Toyota Avanza dan Veloz yang memiliki radius putar 4,7 meter. Dengan radius putar tersebut memudahkan pengemudi menghadapi kondisi jalan yang sempit dan terbatas. Radius putar yang kecil selain memudahkan dalam bermanuver di jalan tentunya tidak "menyusahkan" pengemudi lain ketika Anda akan putar balik mobil.

 

3 dari 3 halaman

Keunggulan Toyota Avanza

Belum lagi Toyota Avanza dan Veloz disematkan mesin dengan teknologi mumpuni. Berbekal mesin 1.3 L dan 1.5L dengan teknologi Dual VVT-I, kebutuhan kendaraan dengan performa apik serta irit bahan bakar dapat terpenuhi.

Tak hanya itu, struktur bodi kendaraan juga sudah memenuhi standar Global Outstanding Assessment (GOA) yang dijamin keamanannya untuk penumpang.

Berhadapan dengan tanjakan tidak akan ada masalah karena sistem penggerak roda belakang mampu menjawab semua kondisi jalan. Jarak gorund clearance juga berpengaruh, dengan tinggi 200 mm, tertinggi di kelasnya, Toyota Avanza dan Veloz tidak kesulitan untuk melalui berbagai jalanan.

Dengan keunggulan serta eksistensi, Toyota Avanza dan Veloz selalu dinanti masyarakat Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini