Sukses

Canggih, Isi Ulang Baterai Mobil Listrik Honda Cuma 15 Menit

Honda akan merilis mobil listrik yang mampu menempuh jarak hingga 240 km, dengan hanya pengisian baterai selama 15 menit.

Liputan6.com, Tokyo - Pabrikan mobil Honda berniat untuk meluncurkan sejumlah kendaraan listrik pada 2022. Namun, pabrikan asal Jepang ini bakal menambahkan fitur pengisian baterai super kilat di mobil ramah lingkungannya tersebut.

Melansir Nikkei Asian Review, ditulis Kamis (23/11/2017), produsen berlambang huruf 'H' ini akan merilis mobil listrik yang mampu menempuh jarak hingga 240 km, hanya dengan pengisian baterai selama 15 menit.

Untuk mewujudkannya Honda tidak akan menggunakan baterai Panasonic lagi, dan mengembangkan tipe baru dari baterai berkapasitas tinggi. Baterai ini mampu melakukan pengisian baterai dengan cepat, dengan sistem kontrol daya yang efisien dan bodi kendaraan yang lebih ringan agar mencapai jarak tertentu.

Seperti halnya kendaraan listrik dengan fitur pengisian cepat, tidak bakal tercapai tanpa dukungan fasilitas pengisian baterai dengan cepat tersebut.

Beruntungnya, di negara Eropa diperkirakan bakal memiliki ribuan stasiun pengisian daya 350 kW pada 2020, dan bisa diikuti Jepang yang meningkatkan kapasitas pengisian baterai, dari 150 kW menjadi 350 kW.

Untuk diketahui, Honda bakal meluncurkan kendaraan listrik massal di Eropa pada 2019, dan Jepang di tahun berikutnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Listrik Honda Bisa Tenagai Listrik Rumah

Energi terbarukan menjadi salah satu solusi yang tengah dikembangkan oleh berbagai pemain di bidang teknologi, salah satunya adalah otomotif. Mobil yang ditenagai oleh energi listrik bukanlah hal asing, seperti Fuel Cell Vehicle (FCV), Electric Vehicle (EV), dan Plug-in Hybrid Vehicle (PHEV).

Semuanya memiliki satu persamaan, yaitu kemampuan untuk menyimpan energi dalam jumlah banyak. Dengan melihat potensi ini, Honda menemukan solusi untuk menggunakan energi yang tersimpan dalam mobil untuk kebutuhan lainnya.

Dengan menggunakan Honda Power Exporter 9000, energi yang tersimpan di dalam mobil dapat digunakan untuk menghidupkan berbagai peralatan rumah tangga (hingga 9kVA).

Misalnya dengan menggunakan mobil Honda Clarity Fuel Cell, Honda mengklaim Power Exporter 9000 dapat menghidupkan berbagai perangkat rumah tangga hingga tujuh hari. Power Exporter 9000 berfungsi untuk mengubah arus DC dari mobil menjadi arus AC.

Cara menggunakan Power Exporter 9000 terbilang cukup mudah. Setelah tersambung dengan mobil listrik, Power Exporter 9000 akan berkomunikasi dengan mobil. Setelah siap, Power Exporter 9000 akan "menyerap" energi dari mobil dan menghasilkan arus AC.

Tegangannya dapat dipilih, antara AC100V atau AC200V, sehingga banyak perangkat yang bisa ditenagai. Mulai dari pengisian smartphone hingga lampu dan pemanas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.