Sukses

Spesifikasi Mobil Penyapu Jalan yang Dipakai Wali Kota Risma

Saat menghadiri acara sosial di Philadelphia, AS, Risma berkesempatan menjajal mobil pembersih jalan.

Liputan6.com, Philadelphia Wali Kota Surabaya, Jawa Timur, Tri Rismaharini (Risma) dijadwalkan menjadi pembicara, sekaligus berpeluang menerima penghargaan Global Green City di Markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Kota New York, Amerika Serikat, pada 30-31 Oktober 2017.

Namun, sebelum itu, Risma menjalani serangkaian agenda di Philadelphia, AS. Salah satunya menghadiri acara sosial yang difasilitasi Indonesia Diaspora Network (IDN). Pada kesempatan tersebut, Risma berkesempatan menjajal mobil penyapu jalanan.

Dikutip dari laman resmi tennantco, kendaraan penyapu jalanan atau street sweeper yang digunakan serupa dengan model Tennant ATLV 4300 All Terrain Litter Vacuum. Berbeda dengan penyapu jalanan yang mengadopsi penyapu dengan sikat, model ini menggunakan vacuum cleaner raksasa yang diklaim dapat membersihkan lapangan sepak bola dalam waktu setengah jam.

Sistem vacuum memiliki diameter nozzle sebesar 200 mm dengan diameter vacuum fan sebesar 430 mm. Selangnya dapat dilepas dan digerakkan sesuai dengan keinginan agar dapat mencapai daerah-daerah yang tidak terjangkau. Untuk diketahui, model ini ditenagai oleh mesin konvensional dan diperuntukkan untuk kondisi kering.

Type vacuum nozzle

Time required to cover a football field 1/2-hour

Volume capacity 416 L

Bag capacity-each 208 L

Bag size 1.120 X 1.400 mm

 

Vacuum System

Nozzle size (diameter) 200 mm

Vacuum fan (diameter) 430 mm

Vacuum width 1200 mm

 

Propelling System

Propel speed forward (variable to) 26,0 km/h

Propel speed forward (variable to) 8,0 km/h

Propel motor Diesel, liquid cooled Kubota @3000rpm 28 kW

 

Seperti apa aksi Risma menyapu jalanan Philadelphia? Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini Spesifikasi Kendaraan Taktis Lokal yang Dipakai Jokowi

Saat peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 TNI, Jokowi terlihat menggunakan satu mobil terbuka saat menginspeksi pasukan. Setelah Liputan6.com telusuri, mobil tersebut bernama P6 ATAV (All Terrain Assault Vehicle) yang diproduksi oleh PT Sentra Surya Ekajaya (SSE). 

Budhi Murniawan, Program Manager P6 ATAV, mengungkapkan bahwa mobil ini murni buatan Indonesia. "Mobil ini kita buat dari nol. Mulai dari konstruksinya, penempatan mesin, transmisi, suspensi, dan lainnya. Desain mobilnya sudah kita patenkan," ucapnya kepada Liputan6.com melalui sambungan telepon. Adapun beberapa suku cadang yang masih diimpor, yaitu mesin, transmisi, suspensi, dan juga ban.

"Bahan yang digunakan adalah pipa seamless terbuat dari besi alloy yang sangat bagus, mendekati chromoly. Untuk cover-nya kita pakai aluminum alloy high grade. Bahan ini ringan, cocok untuk karakter ATAV yang lincah dan ditujukan untuk menyerbu," sambungnya.

Untuk mesinnya sendiri bergantung dari kebutuhan pemesan. "Kami menggunakan mesin 2,5 liter turbodiesel. Tenaganya mencapai 142 Tk dengan torsi puncak 343 Nm. Tenaga ini cocok untuk bobot ATAV. Dalam kondisi kosong, bobot ATAV mencapai 2,2 ton, sedangkan berat siap tempur mencapai 3 ton," jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.