Sukses

Lihat Aksi Anies-Sandi Mencoba Motor Listrik

Anies dan Sandi mencoba motor listrik di kawasan Balai Kota.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut serta mencoba motor listrik saat acara 'Electric Fun Ride' yang diadakan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) Disjaya, Jakarta, Sabtu (28/10/2017). Acara ini diikuti oleh 180 motor listrik, sekaligus memecahkan rekor MURI dengan kategori konvoi motor elektrik terbanyak.

Motor listrik yang dicoba adalah Viar Q1 dan SDR. Q1 merupakan skuter listrik hasil kerja sama antara PT Triangle Motorindo dengan Bosch.

Dalam pengembangannya, PT Triangle Motorindo berkolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada sejak 2016.

Sedangkan SDR didatangkan dari Cina melalui PT. Sugeng Darma Rizqi. Rencananya motor listrik SDR akan dirakit lokal pada tahun depan.

Seperti apa aksi Anies dan Sandi saat menggunakan motor listrik? Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini Komentar Anies Usai Jajal Motor Listrik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut serta mencoba motor listrik saat acara 'Electric Fun Ride' yang diadakan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) Disjaya, Jakarta, Sabtu (28/10/2017). Acara ini diikuti oleh 180 motor listrik, sekaligus memecahkan rekor MURI dengan kategori konvoi motor elektrik terbanyak.

Seusai mencoba motor listrik, Anies merasakan pengalaman yang berbeda dibanding motor konvensional.

"Ya, saya baru pertama kali mengemudikan motor yang digerakkan tenaga listrik. Saya pengemudi motor sejak muda, jadi sehari hari saya biasa naik motor. Jadi ketika naik motor ini jadi ada rasa yang amat berbeda, yaitu tanpa suara," katanya.

Tidak ada bunyi motor, lanjut dia, sunyi, hemat energi, dan kalau dicoba tarikannya kuat juga. "Kan sebelumnya ada kekhawatiran kalau bukan pembakaran bensin, apakah tarikannya kuat juga? Ternyata kuat juga ketika ditarik, dan fleksibel sekali," sambungnya.

PLN Disjaya menyediakan tiga tipe motor yang dapat diuji oleh para peserta, yaitu Viar Q1, Viar Pulse (prototipe), dan SDR.

Rute pengujiannya adalah kantor pusat PLN Disjaya di Gambir, melintasi Menteng Raya - Gedung Juang 45, Cutmutia, Teuku Umar, Taman Suropati, Diponegoro, Menteng Raya, Merdeka Timur, Merdeka Utara, Harmoni, Gajahmada, GLodok, Kota Tua, dan berakhir di Balai Kota.

Adapun motor yang digunakan oleh Anies adalah Viar Q1 berdesain skutik. "Manuver-manuver itu gampang, ringan, saya belum coba jarak jauh. Tapi dari percobaan sepintas, ini pilihan yang menarik," ungkapnya.

Q1 merupakan skuter listrik hasil kerja sama antara PT Triangle Motorindo dengan Bosch. Dalam pengembangannya, PT Triangle Motorindo berkolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada sejak 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.