Sukses

Penjualan Motor Honda Bakal Capai 65 Juta Unit pada 2020

Pada tahun 2014 lalu, penjualan motor Honda di seluruh dunia mencapai 57 juta unit.

Liputan6.com, Saitama- Honda Motors memperkirakan bahwa motor masih menjadi moda transportasi pilihan masyarakat. Honda memperkirakan penjualan motor pada 2020 akan mencapai 65 juta unit dengan porsi tertinggi adalah motor bebek. 
 
Chief Engineer Department 1 R&D Strategy Division Honda Motors Co Ltd, Masatoshi Fukamachi menjelaskan, pada 2014 lalu, penjualan motor Honda di seluruh dunia mencapai 57 juta unit. 
 
Rinciannya, 1,59 juta unit merupakan motor besar atau motor dengan dimensi panjang lebih dari 2 meter (large motorcycle), kemudian 16,15 juta unit motor matik atau skuter, lalu 10,09 juta unit merupakan motor Cup atau bebek dan sisanya 27,36 juta unit adalah motor ringan atau motor dengan dimensi panjang kurang dari 2 meter ( light motorcycle). 
 
Fukamachi yakin penjualan motor Honda akan terus meningkat ke depannya. Alasannya, motor menjadi moda transportasi yang mudah digunakan di tengah kemacetan bagi kaum urban. Selain itu juga tidak membutuhkan parkir yang besar," jelas dia di Asaka, Saitama, Jepang, Selasa (24/10/2017). 
 
Ia pun memperkirakan, pada 2020 nanti penjualan motor Honda akan mencapai 65 juta unit. Rinciannya, motor besar porsinya mencapai 1,72 juta unit. Kemudian untuk matik di angka 22,65 juta unit. 
 
Sedangkan untuk bebek atau skuter mencapai 9,27 juta unit. Terakhir dan terbanyak adalah tipe light motorcycle dengan jumlah mencapai 30,95 juta unit. 
 
Motor tersebut paling banyak akan terjual di Asia Pasifik dan disusul berikutnya China. Alasannya, infrastruktur di negara-negara Asia Pasifik dan Cina belum mendukung untuk transportasi massal sehingga pilihan masyarakat jatuh kepada motor. 
 
Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Honda Kembangkan Teknologi Airbag untuk Motor Kecil

Masalah keselamatan menjadi salah satu faktor utama yang menjadi dasar bagi Honda Motors dalam mengembangkan produk. Saat ini, untuk meningkatkan keselamatan pengendara motor, Honda Motors tengah mengembangkan teknologi airbag khusus bagi motor kecil.

Chief Engineer Departement 3 Technology Development Division Honda R&D Co Ltd Motorcycle R&D Center Hirokatsu Nakaie menjelaskan, Honda telah mengembangan teknologi airbag untuk motor besar. Saat ini, teknologi tersebut telah disematkan kepada Honda jenis Gold Wing.

Saat ini, untuk meningkatkan faktor keselamatan kepada pengendara, Honda ingin menyematkan teknologi airbag tersebut ke motor kecil. Namun, untuk menyematkan teknologi tersebut terdapat tantangan.

Jika di jenis Gold Wing telah ada tempat menyimpan dan juga penampang untuk menahan tubrukan, yaitu windshield. "Sedangkan untuk motor kecil ada tantangan sendiri karena bentuknya berbeda," jelas dia di Kantor Honda R&D Ltd. Motorcycle R&D Center, Asaka, Saitama, Jepang, Selasa (24/10/2017).

Selain itu, kebiasaan mengendara motor di berbagai negara juga lain. Tantangan tersendiri di Indonesia adalah bagian depan motor sering digunakan untuk membonceng anak kecil. Hal tersebut tentu saja akan menghalangi airbag bekerja secara maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.