Kunci Motor Dicabut Polisi, Penerobos Busway Panik

Oleh Herdi Muhardi pada 18 Okt 2017, 10:06 WIB
Pengendara sepeda motor kembali terobos jalur Transjakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengenai pengendara sepeda motor yang menerobos jalur Transjakarta seakan tidak ada habisnya. Parahnya, aksi ini kembali terjadi di lokasi yang sama, yaitu Koridor 4, Kawasan Pasar Rumput, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, jalur ini sempat menjadi viral di dunia maya setelah diunggah selebritas Ferri Maryadi dalam akun Instagram pribadinya @kangferrymaryadi.

Kala itu para pengendara sepeda motor termasuk pengemudi ojek online ramai-ramai melewati busway dengan maksud menghindari kemacetan.

Namun mengetahui di ujung jalan terdapat beberapa petugas polisi, mereka putar balik dan secara bersama-sama menggotong motor ke jalan umum. Beberapa puluh di antaranya tertangkap dan ditilang.

Meski begitu, ternyata para pengendara sepeda motor rupanya tak kapok. Sebab, Selasa (17/10) pagi, mereka kembali menerobos jalur busway dan juga diadang polisi.

Kali ini, petugas polisi memperlihatkan ketegasannya. Mereka langsung mencabut kunci sepeda motor karena kebanyakan pemotor bandel ini tak mau memperlihatkan surat-surat kendaraannya.

Mau tahu bagaimana paniknya para pengendara sepeda motor yang terciduk di jalur Transjakarta, simak videonya di bawah ini:

 

 

 

17 Okt || #tercyduk! Patuhi aturan berlalu lintas guys. Lokasi di Jl sultan Agung, Pasar Rumput DKI Jakarta. via @aminulmatiin #jktinfo

A post shared by Informasi Jakarta & Sekitarnya (@jktinfo) on

 

Pemotor lain sudah pasrah ditilang tapi ada juga yang tetap “gotong royong” mengangkat motor. video dari @alhakim25_ #jktinfo

A post shared by Informasi Jakarta & Sekitarnya (@jktinfo) on

2 of 2

Terjepit Bus Transjakarta

Sepeda Motor Terjepit TransJakarta
Sepeda motor terjepit TransJakarta karena nekat terobos busway. (Instagram @jktinfor)

Larangan pengendara sepeda masuk jalur Transjakarta bukan semata-mata hanya sekedar aturan. Sebab, hal itu juga menyangkut keselamatan.

Salah satu contoh akibat menerobos busway ini terlihat dari beberapa hari lalu yang menjadi viral, di mana pengemudi ojek online terjepit bus Transjakarta di wilayah Utan Kayu, Rawamangun, Jakarta Timur. Parahnya, ojek online tersebut membawa seorang penumpang.

Video yang awalnya dikirim @idaaodgrd7 ke akun @jktinfo itu cukup memprihatinkan. Sebab, ojek online benar-benar terjepit sehingga tidak dapat bergerak.

Dari rekaman video tersebut, tentunya banyak yang menyalahkan pengemudi sepeda motor.

Namun, ada juga yang menganggap bahwa sopir Transjakarta tak hati-hati. Kendati begitu, busway memang digunakan khusus untuk TransJakarta.

Anehnya lagi, jika melihat kondisi jalan di sebelahnya terlihat tidak terlalu padat. Namun, sang pengemudi justru memilih jalur Transjakarta.

@danuputra_joecams rasakno...udh tau jalur busway selain bus dilarang lewat 😅🤣...

@mrs_irda Kalau udah salah jangan dibelain jadi bener. Itu dia kan masuk jalur yg seharusnya ga dilewati

@jaelanii16 Manusiawi kasian sama pemotor,. Tapi ya salah sendiri, jangan salahin sopir busway, busway punya jalur sendiri,kalo begini kan kasihan penumpang busway perjalanan nya ketunda

@rabowpapahhero PEMOTOR HARUS TAU ATURAN BERKENDARA, SUDAH SEPERTI INI RASAKAN AKIBATNYA 😂😂

 

Lanjutkan Membaca ↓