Sukses

Mazda Hidupkan Kembali Mesin Rotary, untuk Mobil Sport?

Penggunaan rotary terakhir digunakan sebagai RE (Range Extender) pada Mazda2 RE.

Liputan6.com, Jakarta Memang mobil bermesin rotary adalah Mazda RX-8 yang tidak lagi diproduksi karena permasalahan emisi. Penggunaan rotary terakhir digunakan sebagai RE (Range Extender) pada Mazda2 RE, yang menggunakan mesin rotary berkapasitas 0,33 liter.

Namun, Mazda akan kembali menghidupkan kembali mesin rotary, bersamaan dengan rencananya penyematan SkyActiv-R pada mobil plug-in hybrid bertenaga baterai. Dikutip dari Autoevolution, mesin rotary menjadi senjata andalan sebagai range extender.

Berdasarkan strategi bisnis Sustainable Zoom-Zoom 2030, mobil plug-in hybrid SkyActiv-R pesaing BMW i3 REx tersebut akan diluncurkan pada tahun 2019 mendatang. Di tahun yang sama, Mazda juga berencana meluncurkan mobil elektrik.

Mitsuo Hitomi, penanggung jawab divisi global powertrain, mengungkapkan SkyActiv-R menjadi andalan utama range extender. "Saya pikir itulah yang akan menjadi andalan," ungkapnya. Belum ada spesifikasi untuk mesin rotary SkyActiv-R yang digunakan pada plug-in hybrid ataupun penerus kesuksesan RX-8.

Hitomi menambahkan, Mazda kini sedang mengembangkan mesin rotary dengan kapasitas besar, dan mesin tersebut akan menjadi jantung dari sebuah mobil sport.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mazda Siapkan 2 Kejutan di Tokyo Motor Show

Tokyo Motor Show akan digelar dalam waktu dekat ini, untuk mendapatkan perhatian dari calon pengunjung, Mazda mengakui sedang mempersiapkan dua kejutan baru.

Dilansir Carscoops, Mazda akan memperkenalkan dua mobil konsep terbaru. Tidak disebutkan mobil yang akan diperkenalkan nanti seperti apa, namun Mazda membocorkan dua foto teaser di dunia maya. Gambar tersebut dideskripsikan sebagai pendalaman bahasa desain Kodo yang digunakan pada semua jajaran produk Mazda.

Masamichi Kogai, CEO Mazda, mengungkapkan, " Tahun ini akan menjadi awal era yang baru untuk Mazda. Kami akan memamerkan mobil konsep dengan desain dan teknologi yang menetapkan generasi baru mobil Mazda."

Selain dua mobil konsep, Mazda juga akan memamerkan edisi khusus MX-5 Red Top , Mazda2 Noble Crimson edition, dan new CX-8.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.