Sukses

Canggihnya Supercar Khusus Jalanan Mercedes-Benz, Bermesin F1

Mercedes-AMG Project One cukup memukau, mobil tersebut tak hanya akan memboyong mesin V6 1.6 liter milik F1, tetapi juga teknologi lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan otomotif asal Jerman, Mercedes-Benz, akhirnya masuk ke dalam daftar jajaran mobil-mobil super cepat. Ini ditandai dengan diperkenalkanya Mercedes-AMG Project One, di ajang Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) 2017 atau dikenal Frankfurt Motor Show 2017 di Jerman, 14-24 September 2017.

Project One sangat spesial, tidak seperti mobil Mercy-AMG yang lainnya. Sebab mobil ini dibuat untuk dapat dikendarai di jalanan raya walau sarat dengan teknologi yang ada dalam sebuah mobil Formula One (F1).

Saat pertama kali memamerkannya, Bos Mercedes-AMG Tobias Moers, sempat menjabarkan produk hypercar Project One. Akan tetapi, Moers sedikit menjaga kerahasiaan mobilnya, karena dianggap masih dalam pengembangan.

Selain itu mereka memproteksi beberapa hak paten agar tak diketahui kompetitor, baik itu Ferrari maupun Red Bull.

Meski begitu, beberapa keandalan Mercedes-AMG Project One cukup memukau, mobil tersebut tak hanya akan memboyong mesin V6 1,6 liter milik F1, tetapi telah menerapkan plug-in hybrid system yang memiliki kinerja tinggi seperti mobil-mobil jet darat. Demikian dikutip Popular Mechanics, Minggu (1/10/2017).

Beberapa tambahan yang dibenamkan agar mirip mobil F1 seperti empat motor listrik, turbocharger electric, baterai, sistem pendingin, dan masih banyak lainnya.

Bisa diartikan, Mercedes-AMG Project One akan terlihat layaknya Ferrari LaFerrari atau McLaren P1, karena menggabungkan pembakaran internal konvensional dan motor listrik.

Untuk mewujudkan mobil berteknologi F1 ini, Mercy melibatkan sang pembalap dari tim Mercedes-Benz, Lewis Hamilton.

Bahkan desain palang setir mobil ini dibuat mirip kemudi yang digunakan Lewis Hamilton ataupun Valeri Bottas. Hanya saja tombol-tombol di tempat ini akan berganti fungsi seperti mobil pada umumnya.

Agar terlihat canggih dan futuristik, mobl ini memiliki dua monitor layar sentuh LED. Layar pertama menampilkan informasi speedometer, takometer hingga Multi Information Display (MID). Sedangkan layar kedua untuk memudahkan system entertainment, daya baterai mobil, dan lainnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Performa Mercedes-AMG Project One

Ya, seperti dibocorkan sebelumnya, Mercedes-AMG Project One memang masih berstatus konsep. Kendati demikian mobil ini akan dibenamkan mesin V6 turbo dengan kapasitas silinder 1.600 cc dan motor listrik.

Meski tak disebutkan secara detail, kabarnya mesin dengan mesin konvesional daya yang dikeluarkan di atas 600 Tenaga kuda.

Namun power akan bertambah berkat empat motor listrik, di mana dua motor ditempatkan di roda depan sehingga menghasilkan 320 Tk.

Sedangkan dua motor listrik lainnya masing-masing mengeluarkan daya sebesar 160 Tk yang dipasang pada mesin dengan turbocharger.

Dengan mesin tersebut, mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-200 km/jam hanya dalam waktu enam detik. Sedangkan kecepatan maksimalnya bisa tembus 350 km/jam.

Selain istimewa, Mercedes-AMG Project One akan menjadi mobil spesial dan langka, karena Mercy hanya membuat hypercar ini terbatas, yaitu 275 unit.

Kendati begitu, mobil ini sangat mengejutkan, karena disebut sudah ludes terpesan dengan banderol sekitar US$ 2,7 juta atau lebih dari Rp 35 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.