Sukses

Naik Bus Ini ke Bandung Bisa Bawa Motor, Berapa Ongkosnya?

PT. Motobus Trans Nusantara (MTN) akan menawarkan bentuk transportasi unik, yaitu bus yang sanggup membawa motor dan penumpangnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang gemar bepergian keluar kota menggunakan motor, salah satu kepuasan yang dirasakan adalah kebebasan untuk berkeliling di kota tujuan. Namun, tidak semua orang sanggup melintasi perjalanan jauh, terlebih lagi jalan non-tol, seperti rute Jakarta - Bandung melalui jalur puncak.

Melihat adanya peluang tersebut, PT. Motobus Trans Nusantara (MTN) akan menawarkan bentuk transportasi unik bagi Anda yang gemar membawa motor, namun tidak ingin melewati perjalanan panjang.

Pada 27 Oktober 2017 mendatang, MTN berencana untuk melakukan perjalanan perdana bus tingkat Motobus yang dapat mengangkut penumpang sekaligus dengan sepeda motor.

"Bus ini memiliki kapasitas penumpang hingga 50 orang yang berada di lantai 2, sedangkan untuk motor ditempatkan di lantai 1 dengan kapasitas 10 unit," ungkap Wulan, bagian Ticketing Motobus, saat dihubungi oleh Liputan6.com.

Motobus direncakan akan memiliki dua waktu keberangkatan, yaitu jam 5 pagi dengan estimasi sampai di Bandung jam 8 pagi. Dan keberangkatan kedua pada jam 2 siang, dengan estimasi sampai jam 7 malam.

"Khusus yang membawa sepeda motor, harus tiba 2 jam sebelum keberangkatan. Karena motor akan dikosongkan terlebih dahulu bahan bakarnya, lalu dikemas," ungkap Wulan.

Namun tidak semua jenis motor dapat dibawa oleh Motobus. Motor yang bisa dibawa berjenis bebek atau skutik, memiliki standar dua, dan kapasitas mesinnya maksimal 150 cc.

Untuk biayanya sendiri, untuk pengiriman motor saja akan dikenakan biaya sebesar Rp 249.000. Namun, jika memesan tiket untuk motor bersama penumpang akan lebih terjangkau, untuk satu motor dan satu penumpang dikenakan biaya Rp 228.000.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kupas Tuntas Bus Tingkat Mewah Lorena dan Karina Transport

Lorena Holding Company resmi meluncurkan 12 bus Mercedes-Benz 2542 Double Deckers (Bus Tingkat). Bus ini akan digunakan sebagai armada Lorena Transport dan Karina Transport untuk rute Jawa, seperti Jakarta-Surabaya-Malang serta Jakarta-Madura.Lalu, seperti apa fasilitas dan kemewahan yang ditawarkan model ini?

Bus ini menggunakan sasis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dengan tiga axle, dan menggunakan karoseri Adiputro. Bus ini dilengkapi TV di setiap bangku penumpang yang siap menayangkan puluhan film dan musik.Bus ini juga menggunakan jenis bangku dari kulit dan dilengkapi sandaran kaki (leg rest), AC, Toilet, Water Dispenser dan ruangan merokok.

"Kami sangat bangga dan gembira dapat melakukan penyerahan secara simbolis 12 armada bus 2542 Double Deckers terbaru kepada Lorena Transport dan Karina Transport," jelas Ralf Kraemer, Managing Director Commercial Vehicle Mercedes-Benz Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Rabu (7/6/2017).Selain kemewahan, bus ini juga dilengkapi mesin yang bertenaga dan berbagai fitur keselamatan terbaru, seperti ABS, ESP dan ASR.

Sebagai tambahan, sistem suspensi independen yang dilengkapi dengan air suspension menawarkan kenyamanan spesial ketika berkendara dengan kecepatan tinggi. "Mercedes-Benz selalu berkomitmen dan mendukung industri transportasi di Indonesia dengan menawarkan produk-produk terbaik dan pelayanan purna jual. Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan Lorena untuk mempercayakan armada bus terbarunya kepada Mercedes-Benz," pungkas Ralf. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.